APA YANG DIBACA OLEH UMAT ISLAM KETIKA SHALAT ? (SERI AJARAN SEBENAR-BENAR RASUL UTUSAN ALLAH)
Seri note seperti ini (Akan selalu saya buat, meliputi
semua hal menyangkut masalah Rukun Islam) ditujukan sebagai pengajaran
dan pengingat bagi umat Islam, dan sebagai pembanding bagi umat yang
lainnya agar mau memikirkan dan mengerti bacaan apa yang dibaca oleh
umat Islam seperti yang diajarkan oleh sebenar-benar Rasul utusan Allah.
Dan agar umat diluar Islam
membandingkan dengan ajaran "Rasul-rasul" di dalam ajaran mereka
sendiri, seperti yang telah mereka lakukan setiap saat, pada waktu
mereka berdoa ataupun beribadah, sehingga bila Allah menghendaki mereka
lalu mendapat hidayah.
DAN AGAR UMAT YANG LAIN KELAK TIDAK MERASA BAHWA TIDAK
PERNAH DIBERI PERINGATAN, SELAMA MEREKA MASIH HIDUP DI DUNIA. KASIHAN,
KARENA KELAK AHLI NERAKA JUGA INGIN KEMBALI KE DUNIA UNTUK
MEMPERINGATKAN KELUARGANYA, TETAPI SUDAH TERLAMBAT, MEREKA TIDAK AKAN
PERNAH BISA KEMBALI LAGI
Lukas 16
(27) Kata orang itu: Kalau demikian, aku minta kepadamu, bapa, supaya engkau menyuruh dia ke rumah ayahku,
(28) sebab masih ada lima orang saudaraku, supaya ia memperingati
mereka dengan sungguh-sungguh, agar mereka jangan masuk kelak ke dalam
tempat penderitaan ini.
(29) Tetapi kata Abraham: Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi; baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu.
KATA ABRAHAM
31* Tetapi Abraham berkata,
‘Kalau mereka tidak menghiraukan perintah Musa dan nabi-nabi, pastilah
mereka tidak akan percaya juga, biarpun ada orang mati yang hidup
kembali.’”
KITA MULAI NOTE INI DARI HADIS NABI BERIKUT DIBAWAH
سنن أبي داوود ٦٤٩: حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ
حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ
عَمِّهِ الْمَاجِشُونِ بْنِ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
الْأَعْرَجِ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي رَافِعٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ
أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ كَبَّرَ ثُمَّ قَالَ
{ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا }
مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنْ الْمُشْرِكِينَ
{ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ
الْعَالَمِينَ لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ
الْمُسْلِمِينَ }
اللَّهُمَّ أَنْتَ الْمَلِكُ لَا إِلَهَ لِي إِلَّا أَنْتَ أَنْتَ
رَبِّي وَأَنَا عَبْدُكَ ظَلَمْتُ نَفْسِي وَاعْتَرَفْتُ بِذَنْبِي
فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي جَمِيعًا إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا
أَنْتَ وَاهْدِنِي لِأَحْسَنِ الْأَخْلَاقِ لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا
إِلَّا أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ سَيِّئَهَا إِلَّا
أَنْتَ لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ وَالْخَيْرُ كُلُّهُ فِي يَدَيْكَ
وَالشَّرُّ لَيْسَ إِلَيْكَ أَنَا بِكَ وَإِلَيْكَ تَبَارَكْتَ
وَتَعَالَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ وَإِذَا رَكَعَ قَالَ
اللَّهُمَّ لَكَ رَكَعْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَلَكَ أَسْلَمْتُ خَشَعَ لَكَ
سَمْعِي وَبَصَرِي وَمُخِّي وَعِظَامِي وَعَصَبِي وَإِذَا رَفَعَ قَالَ
سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ
السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا بَيْنَهُمَا وَمِلْءَ مَا شِئْتَ
مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ وَإِذَا سَجَدَ قَالَ اللَّهُمَّ لَكَ سَجَدْتُ وَبِكَ
آمَنْتُ وَلَكَ أَسْلَمْتُ سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ
فَأَحْسَنَ صُورَتَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ وَتَبَارَكَ اللَّهُ
أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ وَإِذَا سَلَّمَ مِنْ الصَّلَاةِ قَالَ اللَّهُمَّ
اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا
أَعْلَنْتُ وَمَا أَسْرَفْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي أَنْتَ
الْمُقَدِّمُ وَالْمُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ
حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ
الْهَاشِمِيُّ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ
مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْفَضْلِ بْنِ رَبِيعَةَ
بْنِ الْحَارِثِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
الْأَعْرَجِ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي رَافِعٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ
أَبِي طَالِبٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَنَّهُ كَانَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ كَبَّرَ
وَرَفَعَ يَدَيْهِ حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ وَيَصْنَعُ مِثْلَ ذَلِكَ إِذَا
قَضَى قِرَاءَتَهُ وَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ وَيَصْنَعُهُ إِذَا
رَفَعَ مِنْ الرُّكُوعِ وَلَا يَرْفَعُ يَدَيْهِ فِي شَيْءٍ مِنْ صَلَاتِهِ
وَهُوَ قَاعِدٌ وَإِذَا قَامَ مِنْ السَّجْدَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ
كَذَلِكَ وَكَبَّرَ وَدَعَا نَحْوَ حَدِيثِ عَبْدِ الْعَزِيزِ فِي
الدُّعَاءِ يَزِيدُ وَيَنْقُصُ الشَّيْءَ وَلَمْ يَذْكُرْ وَالْخَيْرُ
كُلُّهُ فِي يَدَيْكَ وَالشَّرُّ لَيْسَ إِلَيْكَ وَزَادَ فِيهِ وَيَقُولُ
عِنْدَ انْصِرَافِهِ مِنْ الصَّلَاةِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ
وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَأَعْلَنْتُ أَنْتَ إِلَهِي لَا إِلَهَ
إِلَّا أَنْتَ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ حَدَّثَنَا شُرَيْحُ
بْنُ يَزِيدَ حَدَّثَنِي شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ قَالَ قَالَ لِي
مُحَمَّدُ بْنُ الْمُنْكَدِرِ وَابْنُ أَبِي فَرْوَةَ وَغَيْرُهُمَا مِنْ
فُقَهَاءِ أَهْلِ الْمَدِينَةِ فَإِذَا قُلْتَ أَنْتَ ذَاكَ فَقُلْ وَأَنَا
مِنْ الْمُسْلِمِينَ يَعْنِي قَوْلَهُ
{ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ }
Sunan Abu Daud 649:
Apabila Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam hendak mengerjakan shalat, beliau bertakbir kemudian membaca;
"WAJJAHTU WAJHIYA LILLADZII FATHARAS SAMAAWAATI WAL ARDLI
HANIIFAM MUSLIMA WAMAA ANA MINAL MUSYRIKIN, INNA SHALAATI WA NUSUKII WA
MAHYAAYA WA MAMAATI LILLAHI RABBIL 'AALAMIN, LAA SYARIIKALAHU WA
BIDZAALIKA UMIRTU WA ANAA AWWALUL MUSLIMIN. ALLAHUMMA ANTAL MALIK
LAAILAAHA ILLA ANTA, ANTA RABBI WA ANAA 'ABDUKA DLALAMTU NAFSII
WA'TARAFTU BIDZANBII FAGHFIRLII DZUNUUBI JAMII'A INNAHU LAA YAGHFIRUD
DZUNUUBA ILLA ANTA WAHDINII LIAHSANIL AHLAAQI LAA YAHDII LI AHSANIHAA
ILLA ANTA WASHRIF 'ANNI SAYYI`AHAA LAA YASHRIF SAYYI`AHAA ILLA ANTA.
LABBAIKA WA SA'DAIKA WAL KHAIRU KULLUHU FII YADAIKA WASS SYARRU LAISA
ILAIKA ANA BIKA WA ILAIKA TABAARAKTA WA TA'AALAITA ASTAGHFIRUKA WA
ATUUBU ILAIKA.
(Aku hadapkan muka-Ku ke hadirat Allah
yang telah menciptakan langit dan bumi dengan tunduk dan menyerahkan
diri, dan tidaklah aku termasuk golongan orang-orang Musyrik.
Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku adalah untuk Allah
Penguasa seluruh alam, tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan demikian aku
di perintah, dan aku adalah dari golongan orang-orang Islam (yang
menyerah diri). Ya Allah, Enkau adalah Rabbku dan aku dalah hamba-Mu,
aku telah berbuat aniaya terhadap diriku sendiri dan mengakui
kesalahanku, maka amnpunilah dosaku semuanya, dan tiadalah yang dapat
mengampuni dosaku itu melainkan Engkau. Tunjukilah aku kepada akhlak
yang baik, dan tak ada yang dapat menunjuki kepada akhlak yang terbaik
melainkan Engkau. Dan jauhkanlah aku dari akhlak yang tercela, karena
tidak ada yang dapat menjauhkanku dari akhlak yang tercela melainkan
Engkau, Ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu, aku patuhi perintah-Mu,
kebaikan seluruhnya berada dalam kekuasaan-Mu, sedangkan kejahatan tidak
dapat di pakai untuk mendekatkan diri kepada-Mu. Aku ini hanya dapat
hidup dengan-Mu dan akan kembali kepada-Mu, Maha Berkah Engakau dan Maha
Tinggi, aku meohon ampunan dan bertaubat kepada-Mu)."
Apabila ruku', beliau membaca;
"ALLAHUMMA LAKA RAKA'TU WABIKA AAMANTU WALAKA ASLAMTU KHASYA'A LAKA SAM'II WA BASHARII WA MUKHHII WA 'IDZAAMII WA 'ASHABII
(Ya Allah, kepada-Mu lah aku ruku',
kepada-Mu lah aku beriman, kepada-Mu lah aku tunduk, dan kepada-Mu lah
pendengaranku, penglihatanku, otakku, tulang belulangku dan urat sarafku
tunduk)."
Apabila i'tidal beliau mengucapkan;
"SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH, RABBANAA WALAKAL HAMDU MIL`US
SAMAAWAATI WAL ARDLI WA MIL`U MAA BAINAHUMAA WAMIL`U MAA SYI`TA MIN
SYAI`IN BA'DU
(Maha Mendengar Allah terhadap siapa
saja yang memuji-Nya, Wahai Rabb kami, hanya bagi Engkau jua segala
pujian, sepenuh langit, bumi, dan sepenuh isi langit dan bumi dan
sepenuh apa yang Engkau kehendaki setelah itu)."
Apabila sujud, beliau mengucapkan;
"ALLAHUMMA LAKA SAJADTU WA BIKA AAMANTU WALAKA ASLAMTU,
SAJADA WAJHIYA LILLADZII KHALAQAHU WA SHAWWARAHU FA AHSANA SHUURATAHU WA
SYAQQA SAM'AHU WA BASHARAHU WA TABAARAKALLAHU AHSANUL KHAALIQIN
(Ya Allah, kepada-Mu lah aku bersujud,
kepada-Mu lah aku beriman, kepada-Mu lah aku tunduk, wajahku bersujud
kepada Dzat yang telah menciptakannya dan membentuknya dengan
sebaik-baik bentuk, membuat pendengaran dan penglihatannya, dan Maha
Barakah Allah, sebaik-baik pencipta)."
Apabila selesai salam, beliau mengucapkan;
"ALLAHUMMAGHFIRLII MAA QADDAMTU WA MAA AKHHARTU WAMAA ASRARTU
WAMAA A'LANTU WAMAA ASRAFTU WAMAA ANTA A'LAMU BIHI MINNI ANTAL MUQADDIM
WAL MU`AKHHIR LAA ILAAHA ILLA ANTA
(Ya Allah, ampunilah
daku, dan dosa-dosa yang telah lalu, dosa yang akan datang, dosa yang
samar dan dosa yang jelas, serta dosa yang hanya Engkau saja yang
mengetahuinya, Engkau lah yang mendahulukan dan mengundurkan, tiada ilah
selain Engkau)."
PADA KESEMPATAN SHALAT YANG LAIN, RASULULLAH MENGUCAPKAN DOA DIBAWAH INI SEHABIS SALAM
مسند أحمد ١٧٤٧٧: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا
شُعْبَةُ عَنْ مَنْصُورٍ قَالَ سَمِعْتُ الْمُسَيَّبَ بْنَ رَافِعٍ
يُحَدِّثُ عَنْ وَرَّادٍ كَاتِبِ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ
أَنَّ الْمُغِيرَةَ كَتَبَ إِلَى مُعَاوِيَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا سَلَّمَ قَالَ لَا إِلَهَ
إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ
وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ اللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا
أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ
مِنْكَ الْجَدُّ
Musnad Ahmad 17477:
Al Mughirah bin Syu'bah menulis kepada Mu'awiyah, bahwa jika
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam selesai dari salam, beliau
membaca:
"LAA ILAAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIIKA LAHU LAHUL MULKU WA
LAHUL HAMDU, ALLAHUMMA LAA MAANI'A LIMAA A'THAIT WALAA MU'THIYA LIMAA
MANA'TA WALAA YANFA'U DZAL JADDI MINKAL JADD
(Tiada Ilah yang berhak disembah selain
Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala pujian
dan kerajaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada
yang dapat mencegah apa yang Engkau berikan, dan tidak ada yang dapat
memberi apa yang Engaku cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu
bagi pemiliknya (selain iman dan amal shalihnya. Hanya dari-Mu kekayaan
dan kemuliaan)."
PADA KESEMPATAN YANG LAIN, RASULULLAH JUGA SERING MEMBACA DOA IFTITAH SEPERTI BERIKUT PADA AWAL SHALAT SETELAH TAKBIR
صحيح البخاري ٧٠٢: حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ قَالَ
حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ زِيَادٍ قَالَ حَدَّثَنَا عُمَارَةُ
بْنُ الْقَعْقَاعِ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو زُرْعَةَ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو
هُرَيْرَةَ قَالَ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْكُتُ
بَيْنَ التَّكْبِيرِ وَبَيْنَ الْقِرَاءَةِ إِسْكَاتَةً قَالَ أَحْسِبُهُ
قَالَ هُنَيَّةً فَقُلْتُ بِأَبِي وَأُمِّي يَا رَسُولَ اللَّهِ
إِسْكَاتُكَ بَيْنَ التَّكْبِيرِ وَالْقِرَاءَةِ مَا تَقُولُ قَالَ أَقُولُ
اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ
الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ الْخَطَايَا كَمَا
يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنْ الدَّنَسِ اللَّهُمَّ اغْسِلْ
خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ
Shahih Bukhari 702:
Abu Hurairah berkata, 'Berhenti sebentar, lalu aku berkata, "Wahai
Rasulullah, demi bapak dan ibuku! Tuan berdiam antara takbir dan bacaan.
Apa yang tuan baca diantaranya?. Beliau bersabda: "Aku membaca;
ALLAHUMMA BAA'ID BAINII WA BAINA KHATHAAYAAYA KAMAA BAA'ADTA
BAINAL MASYRIQI WAL MAGHRIB. ALLAHUMMA NAQQINII MIN KHATHAAYAAYA KAMAA
YUNAQQATS TSAUBUL ABYADLU MINAD DANAS. ALLAHUMMAGHSILNII MIN
KHATHAAYAAYA BILMAA'I WATSTSALJI WAL BARAD
(Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan
kesalahanku sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya
Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan
dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju dan es
yang dingin)."
BAGAIMANA NABI MENGUCAPKAN BACAANNYA DI DALAM SETIAP SHALAT ? BACAAN SHALAT NABI, DIUCAPKAN DENGAN JELAS, HURUF DEMI HURUF
سنن النسائي ١٠١٢: أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ قَالَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ
بْنُ سَعْدٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي
مُلَيْكَةَ عَنْ يَعْلَى بْنِ مَمْلَكٍ أَنَّهُ
سَأَلَ أُمَّ سَلَمَةَ عَنْ قِرَاءَةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَصَلَاتِهِ قَالَتْ مَا لَكُمْ وَصَلَاتَهُ ثُمَّ
نَعَتَتْ قِرَاءَتَهُ فَإِذَا هِيَ تَنْعَتُ قِرَاءَةً مُفَسَّرَةً حَرْفًا
حَرْفًا
Sunan Nasa'i 1012:
Ya'la bin Mamlak bertanya kepada Ummu Salamah tentang bacaan dan
shalat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Ummu Salamah balik
bertanya; 'Ada apa dengan Shalat Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa
sallam? lalu dia menyifati bacaan Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa sallam dengan bacaan yang jelas huruf demi huruf.'
DIBAWAH INI APA-APA YANG DILAKUKAN OLEH NABI MUHAMMAD SAW SEPANJANG MALAM HINGGA MENJELANG PAGI
صحيح البخاري ٩٣٩: حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ قَالَ أَخْبَرَنَا
شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ حَدَّثَنِي عُرْوَةُ أَنَّ عَائِشَةَ
أَخْبَرَتْهُ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ
يُصَلِّي إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً كَانَتْ تِلْكَ صَلَاتَهُ تَعْنِي
بِاللَّيْلِ فَيَسْجُدُ السَّجْدَةَ مِنْ ذَلِكَ قَدْرَ مَا يَقْرَأُ
أَحَدُكُمْ خَمْسِينَ آيَةً قَبْلَ أَنْ يَرْفَعَ رَأْسَهُ وَيَرْكَعُ
رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الْفَجْرِ ثُمَّ يَضْطَجِعُ عَلَى شِقِّهِ
الْأَيْمَنِ حَتَّى يَأْتِيَهُ الْمُؤَذِّنُ لِلصَّلَاةِ
Shahih Bukhari 939:
Aisyah mengabarkan kepadanya, bahwa Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam melaksanakan shalat sebelas rakaat, begitulah cara
beliau shalat -yakni shalat tahajjut-. Dalam shalat tersebut beliau
sujud seperti lamanya kalian membaca sekitar lima puluh ayat sebelum
mengangkat kepalanya. Dan beliau mengerjakan shalat dua rakaat sebelum
melaksanakan shalat subuh. Kemudian beliau berbaring pada sebelah tubuh
sebelah kanan hingga datang mu'adzin (membangunkan) untuk shalat."
صحيح البخاري ٩٤١: حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصٍ قَالَ حَدَّثَنَا
أَبِي قَالَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ قَالَ حَدَّثَنِي مُسْلِمٌ عَنْ
مَسْرُوقٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
كُلَّ اللَّيْلِ أَوْتَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَانْتَهَى وِتْرُهُ إِلَى السَّحَرِ
Shahih Bukhari 941:
Aisyah ia berkata, "Sepanjang
malam Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaksanakan shalat witir
dan berhenti pada waktu sahur."
Catatan ;
Bacaan Shalat nabi memang
bermacam-macam, beberapa ulama menganjurkan agar kita juga bervariasi
mengamalkannya. Misalnya pada setiap shalat membaca Iftitah yang
berbeda-beda seperti yg diajarkan oleh Rasulullah, demikian pula pada
saat rukuk maupun sujud...sepanjang terdapat dalil yang sahih atas
bacaan tersebut...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar