KRISTEN BERTANYA, "APA YANG BISA DITELADANI DARI KEHIDUPAN NABI MUHAMMAD SAW?"
FIRMAN ALLAH SWT DI DALAM ALQURAN
QS 33:21
لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن
كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ
كَثِيرًا [٣٣:٢١]
Sesungguhnya telah ada pada (diri)
Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang
mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak
menyebut Allah.
﴿٢١﴾
AKHLAK NABI MUHAMMAD SAW, ADALAH ALQURAN
مسند أحمد ٢٤١٣٩: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ زُرَارَةَ عَنْ سَعْدِ بْنِ هِشَامٍ قَالَ
سَأَلْتُ عَائِشَةَ فَقُلْتُ أَخْبِرِينِي عَنْ خُلُقِ رَسُولِ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ
Musnad Ahmad 24139:
Sa'ad bin Hisyam berkata; saya bertanya
kepada Aisyah, saya katakan; Tolong kabarkan kepadaku tentang akhlak
Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam. Aisyah menjawab; "Akhlak beliau
adalah Al Quran."
PESAN NABI MUHAMMAD SAW, AGAR MANUSIA BERAKHLAK YANG BAIK
سنن الترمذي ١٩٤١: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ خِرَاشٍ
الْبَغْدَادِيُّ حَدَّثَنَا حَبَّانُ بْنُ هِلَالٍ حَدَّثَنَا مُبَارَكُ
بْنُ فَضَالَةَ حَدَّثَنِي عَبْدُ رَبِّهِ بْنُ سَعِيدٍ عَنْ مُحَمَّدِ
بْنِ الْمُنْكَدِرِ عَنْ جَابِرٍ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ
مِنْ أَحَبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ
الْقِيَامَةِ أَحَاسِنَكُمْ أَخْلَاقًا وَإِنَّ أَبْغَضَكُمْ إِلَيَّ
وَأَبْعَدَكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ الثَّرْثَارُونَ
وَالْمُتَشَدِّقُونَ وَالْمُتَفَيْهِقُونَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ
قَدْ عَلِمْنَا الثَّرْثَارُونَ وَالْمُتَشَدِّقُونَ فَمَا
الْمُتَفَيْهِقُونَ قَالَ الْمُتَكَبِّرُونَ
قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِي الْبَاب عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَهَذَا
حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ وَرَوَى بَعْضُهُمْ هَذَا
الْحَدِيثَ عَنْ الْمُبَارَكِ بْنِ فَضَالَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ
الْمُنْكَدِرِ عَنْ جَابِرٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ وَلَمْ يَذْكُرْ فِيهِ عَنْ عَبْدِ رَبِّهِ بْنِ سَعِيدٍ وَهَذَا
أَصَحُّ وَالثَّرْثَارُ هُوَ الْكَثِيرُ الْكَلَامِ وَالْمُتَشَدِّقُ
الَّذِي يَتَطَاوَلُ عَلَى النَّاسِ فِي الْكَلَامِ وَيَبْذُو عَلَيْهِمْ
Sunan Tirmidzi 1941:
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda: "Sesungguhnya di antara orang yang paling aku cintai dan yang
tempat duduknya lebih dekat kepadaku pada hari kiamat ialah orang yang
akhlaknya paling bagus. Dan sesungguhnya orang yang paling aku benci dan
paling jauh tempat duduknya dariku pada hari kiamat ialah orang yang
paling banyak bicara (kata-kata tidak bermanfaat dan memperolok
manusia)."
Para shahabat bertanya, "Wahai
Rasulullah, siapakah orang yang paling banyak bicara itu?" Nabi
menjawab: "Yaitu orang-orang yang sombong."
AKHLAK NABI MUHAMMAD SAW
سنن أبي داوود ٤١٤٤: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ
حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ يَعْنِي ابْنَ الْمُغِيرَةِ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ
أَنَسٍ قَالَ
خَدَمْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرَ سِنِينَ
بِالْمَدِينَةِ وَأَنَا غُلَامٌ لَيْسَ كُلُّ أَمْرِي كَمَا يَشْتَهِي
صَاحِبِي أَنْ أَكُونَ عَلَيْهِ مَا قَالَ لِي فِيهَا أُفٍّ قَطُّ وَمَا
قَالَ لِي لِمَ فَعَلْتَ هَذَا أَوْ أَلَّا فَعَلْتَ هَذَا
Sunan Abu Daud 4144:
Anas ia berkata, "Aku membantu Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam di Madinah selama sepuluh tahun. Aku
hanyalah seorang anak kecil, tidak semua pelayanan yang aku berikan
sesuai dengan hati sahabatku (Nabi shallallahu 'alaihi wasallam). Namun
beliau tidak pernah mengatakan 'Hei..! ' Sama sekali kepadaku. Beliau
juga tidak pernah mengatakan: "Kenapa kamu lakukan ini! atau 'Kenapa
tidak kamu lakukan begini! '.
PESAN RASULULLAH MUHAMMAD SAW UNTUK MENGHINDARI PERDEBATAN DENGAN SESAMA MUSLIM
سنن أبي داوود ٤١٦٧: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ
الدِّمَشْقِيُّ أَبُو الْجَمَاهِرِ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو كَعْبٍ أَيُّوبُ
بْنُ مُحَمَّدٍ السَّعْدِيُّ قَالَ حَدَّثَنِي سُلَيْمَانُ بْنُ حَبِيبٍ
الْمُحَارِبِيُّ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَا زَعِيمٌ
بِبَيْتٍ فِي رَبَضِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَإِنْ كَانَ
مُحِقًّا وَبِبَيْتٍ فِي وَسَطِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْكَذِبَ وَإِنْ
كَانَ مَازِحًا وَبِبَيْتٍ فِي أَعْلَى الْجَنَّةِ لِمَنْ حَسَّنَ
خُلُقَهُ
Sunan Abu Daud 4167:
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda: "Aku akan menjamin rumah di tepi surga bagi seseorang yang
meninggalkan perdebatan meskipun benar. Aku juga menjamin rumah di
tengah surga bagi seseorang yang meninggalkan kedustaan meskipun
bershifat gurau, Dan aku juga menjamin rumah di syurga yang paling
tinggi bagi seseorang yang berakhlak baik."
PESAN RASULULLAH MUHAMMAD SAW, AGAR UMATNYA TIDAK SOMBONG DAN KERAS HATI
سنن أبي داوود ٤١٦٨: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ وَعُثْمَانُ ابْنُ أَبِي
شَيْبَةَ قَالَا حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ مَعْبَدِ بْنِ
خَالِدٍ عَنْ حَارِثَةَ ابْنِ وَهْبٍ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ الْجَوَّاظُ وَلَا الْجَعْظَرِيُّ
قَالَ وَالْجَوَّاظُ الْغَلِيظُ الْفَظُّ
Sunan Abu Daud 4168:
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda: "Tidak akan masuk surga orang yang keras hati dan sombong."
Perawi berkata, "Al Jawwazh adalah orang yang keras hatinya."
KERENDAHAN HATI NABI MUHAMMAD SAW DAN PESAN NYA AGAR UMAT ISLAM TIDAK MELEBIH-LEBIHKAN DIRINYA ATAS NABI MUSA AS
مسند أحمد ٧٢٧٠: حَدَّثَنَا أَبُو كَامِلٍ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ
حَدَّثَنَا ابْنُ شِهَابٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
وَعَبْدِ الرَّحْمَنِ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ
اسْتَبَّ رَجُلَانِ رَجُلٌ مِنْ الْمُسْلِمِينَ وَرَجُلٌ مِنْ
الْيَهُودِ فَقَالَ الْمُسْلِمُ وَالَّذِي اصْطَفَى مُحَمَّدًا عَلَى
الْعَالَمِينَ وَقَالَ الْيَهُودِيُّ وَالَّذِي اصْطَفَى مُوسَى عَلَى
الْعَالَمِينَ فَغَضِبَ الْمُسْلِمُ فَلَطَمَ عَيْنَ الْيَهُودِيِّ فَأَتَى
الْيَهُودِيُّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَأَخْبَرَهُ بِذَلِكَ فَدَعَاهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فَسَأَلَهُ فَاعْتَرَفَ بِذَلِكَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تُخَيِّرُونِي عَلَى مُوسَى فَإِنَّ
النَّاسَ يَصْعَقُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَأَكُونُ أَوَّلَ مَنْ يُفِيقُ
فَأَجِدُ مُوسَى مُمْسِكًا بِجَانِبِ الْعَرْشِ فَمَا أَدْرِي أَكَانَ
فِيمَنْ صَعِقَ فَأَفَاقَ قَبْلِي أَمْ كَانَ مِمَّنْ اسْتَثْنَاهُ اللَّهُ
عَزَّ وَجَلَّ
Musnad Ahmad 7270:
Abu Hurairah, dia berkata; dua orang
laki-laki saling ejek, satu orang dari muslim dan satu orang lagi dari
yahudi. Laki-laki muslim berkata; "dan demi Dzat yang telah memilih
Muhammad di atas penduduk alam." Dan laki-laki dari yahudi berkata; "dan
demi Dzat yang telah memilih Musa di atas penduduk alam." Maka marahlah
laki-laki muslim tersebut seraya memukul wajahnya, maka laki-laki
yahudi tersebut mendatangi Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam dan
mengkabarkan dengan apa yang telah terjadi, maka Rasulullah Shallallahu
'alaihi wa Salam pun memanggil laki-laki muslim tersebut, lalu beliau
bertanya kepadanya dan ia mengakuinya.
Kemudian Rasulullah Shallallahu 'alaihi
wa Salam bersabda: "Janganlah engkau lebihkan aku atas Musa,
sesungguhnya pada hari kiamat kelak manusia akan pingsan dan akulah
orang yang pertama kali tersadar, tetapi aku dapati Musa tengah berdiri
di dekat `Arsy, hingga aku tidak tahu apakah ia termasuk orang yang
pingsan kemudian ia tersadar sebelum aku, atau memang ia termasuk yang
Allah Azza Wa Jalla kecualikan."
NABI MUHAMMAD SAW JUGA BERPESAN AGAR UMATNYA KELAK TIDA
MENGHORMATINYA SECARA BERLEBIHAN, SEBAGAIMANA KRISTEN TELAH BERLEBIHAN
MENGKULTUSKAN YESUS AS
صحيح البخاري ٣١٨٩: حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ
قَالَ سَمِعْتُ الزُّهْرِيَّ يَقُولُ أَخْبَرَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ
عَبْدِ اللَّهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ سَمِعَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
يَقُولُ عَلَى الْمِنْبَرِ
سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا
تُطْرُونِي كَمَا أَطْرَتْ النَّصَارَى ابْنَ مَرْيَمَ فَإِنَّمَا أَنَا
عَبْدُهُ فَقُولُوا عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ
Shahih Bukhari 3189:
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda: "Janganlah kalian melampaui batas dalam memujiku
(mengkultuskan) sebagaimana orang Nashrani mengkultuskan 'Isa bin
Maryam. Sesungguhnya aku hanyalah hamba-Nya, maka itu katakanlah
'abdullahu wa rasuuluh (hamba Allah dan utusan-Nya").
APA YANG DILAKUKANNYA NABI MUHAMMAD SAW SEPANJANG MALAM
صحيح البخاري ٩٣٩: حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ قَالَ أَخْبَرَنَا
شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ حَدَّثَنِي عُرْوَةُ أَنَّ عَائِشَةَ
أَخْبَرَتْهُ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ
يُصَلِّي إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً كَانَتْ تِلْكَ صَلَاتَهُ تَعْنِي
بِاللَّيْلِ فَيَسْجُدُ السَّجْدَةَ مِنْ ذَلِكَ قَدْرَ مَا يَقْرَأُ
أَحَدُكُمْ خَمْسِينَ آيَةً قَبْلَ أَنْ يَرْفَعَ رَأْسَهُ وَيَرْكَعُ
رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الْفَجْرِ ثُمَّ يَضْطَجِعُ عَلَى شِقِّهِ
الْأَيْمَنِ حَتَّى يَأْتِيَهُ الْمُؤَذِّنُ لِلصَّلَاةِ
Shahih Bukhari 939:
Aisyah mengabarkan kepadanya, bahwa
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaksanakan shalat sebelas
rakaat, begitulah cara beliau shalat -yakni shalat tahajjut-. Dalam
shalat tersebut beliau sujud seperti lamanya kalian membaca sekitar lima
puluh ayat sebelum mengangkat kepalanya. Dan beliau mengerjakan shalat
dua rakaat sebelum melaksanakan shalat subuh. Kemudian beliau berbaring
pada sebelah tubuh sebelah kanan hingga datang mu'adzin (membangunkan)
untuk shalat."
صحيح البخاري ٩٤١: حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصٍ قَالَ حَدَّثَنَا
أَبِي قَالَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ قَالَ حَدَّثَنِي مُسْلِمٌ عَنْ
مَسْرُوقٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
كُلَّ اللَّيْلِ أَوْتَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَانْتَهَى وِتْرُهُ إِلَى السَّحَرِ
Shahih Bukhari 941:
Aisyah ia berkata, "Sepanjang malam
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaksanakan shalat witir dan
berhenti pada waktu sahur."
BERIKUT INI, APA-APA YANG DIBACA DAN DI UCAPKAN RASULULLAH MUHAMMAD SAW KETIKA BELIAU SHALAT, MENYEMBAH KEPADA ALLAH SWT
سنن أبي داوود ٦٤٩: حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ
حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ
عَمِّهِ الْمَاجِشُونِ بْنِ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
الْأَعْرَجِ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي رَافِعٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ
أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ كَبَّرَ ثُمَّ قَالَ
{ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا }
مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنْ الْمُشْرِكِينَ
{ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ
الْعَالَمِينَ لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ
الْمُسْلِمِينَ }
اللَّهُمَّ أَنْتَ الْمَلِكُ لَا إِلَهَ لِي إِلَّا أَنْتَ أَنْتَ
رَبِّي وَأَنَا عَبْدُكَ ظَلَمْتُ نَفْسِي وَاعْتَرَفْتُ بِذَنْبِي
فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي جَمِيعًا إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا
أَنْتَ وَاهْدِنِي لِأَحْسَنِ الْأَخْلَاقِ لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا
إِلَّا أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ سَيِّئَهَا إِلَّا
أَنْتَ لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ وَالْخَيْرُ كُلُّهُ فِي يَدَيْكَ
وَالشَّرُّ لَيْسَ إِلَيْكَ أَنَا بِكَ وَإِلَيْكَ تَبَارَكْتَ
وَتَعَالَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ وَإِذَا رَكَعَ قَالَ
اللَّهُمَّ لَكَ رَكَعْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَلَكَ أَسْلَمْتُ خَشَعَ لَكَ
سَمْعِي وَبَصَرِي وَمُخِّي وَعِظَامِي وَعَصَبِي وَإِذَا رَفَعَ قَالَ
سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ
السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا بَيْنَهُمَا وَمِلْءَ مَا شِئْتَ
مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ وَإِذَا سَجَدَ قَالَ اللَّهُمَّ لَكَ سَجَدْتُ وَبِكَ
آمَنْتُ وَلَكَ أَسْلَمْتُ سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ
فَأَحْسَنَ صُورَتَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ وَتَبَارَكَ اللَّهُ
أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ وَإِذَا سَلَّمَ مِنْ الصَّلَاةِ قَالَ اللَّهُمَّ
اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا
أَعْلَنْتُ وَمَا أَسْرَفْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي أَنْتَ
الْمُقَدِّمُ وَالْمُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ
حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ
الْهَاشِمِيُّ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ
مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْفَضْلِ بْنِ رَبِيعَةَ
بْنِ الْحَارِثِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
الْأَعْرَجِ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي رَافِعٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ
أَبِي طَالِبٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَنَّهُ كَانَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ كَبَّرَ
وَرَفَعَ يَدَيْهِ حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ وَيَصْنَعُ مِثْلَ ذَلِكَ إِذَا
قَضَى قِرَاءَتَهُ وَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ وَيَصْنَعُهُ إِذَا
رَفَعَ مِنْ الرُّكُوعِ وَلَا يَرْفَعُ يَدَيْهِ فِي شَيْءٍ مِنْ صَلَاتِهِ
وَهُوَ قَاعِدٌ وَإِذَا قَامَ مِنْ السَّجْدَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ
كَذَلِكَ وَكَبَّرَ وَدَعَا نَحْوَ حَدِيثِ عَبْدِ الْعَزِيزِ فِي
الدُّعَاءِ يَزِيدُ وَيَنْقُصُ الشَّيْءَ وَلَمْ يَذْكُرْ وَالْخَيْرُ
كُلُّهُ فِي يَدَيْكَ وَالشَّرُّ لَيْسَ إِلَيْكَ وَزَادَ فِيهِ وَيَقُولُ
عِنْدَ انْصِرَافِهِ مِنْ الصَّلَاةِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ
وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَأَعْلَنْتُ أَنْتَ إِلَهِي لَا إِلَهَ
إِلَّا أَنْتَ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ حَدَّثَنَا شُرَيْحُ
بْنُ يَزِيدَ حَدَّثَنِي شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ قَالَ قَالَ لِي
مُحَمَّدُ بْنُ الْمُنْكَدِرِ وَابْنُ أَبِي فَرْوَةَ وَغَيْرُهُمَا مِنْ
فُقَهَاءِ أَهْلِ الْمَدِينَةِ فَإِذَا قُلْتَ أَنْتَ ذَاكَ فَقُلْ وَأَنَا
مِنْ الْمُسْلِمِينَ يَعْنِي قَوْلَهُ
{ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ }
Sunan Abu Daud 649:
Apabila Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam hendak mengerjakan shalat, beliau bertakbir kemudian membaca;
"WAJJAHTU WAJHIYA LILLADZII FATHARAS SAMAAWAATI WAL ARDLI
HANIIFAM MUSLIMA WAMAA ANA MINAL MUSYRIKIN, INNA SHALAATI WA NUSUKII WA
MAHYAAYA WA MAMAATI LILLAHI RABBIL 'AALAMIN, LAA SYARIIKALAHU WA
BIDZAALIKA UMIRTU WA ANAA AWWALUL MUSLIMIN. ALLAHUMMA ANTAL MALIK
LAAILAAHA ILLA ANTA, ANTA RABBI WA ANAA 'ABDUKA DLALAMTU NAFSII
WA'TARAFTU BIDZANBII FAGHFIRLII DZUNUUBI JAMII'A INNAHU LAA YAGHFIRUD
DZUNUUBA ILLA ANTA WAHDINII LIAHSANIL AHLAAQI LAA YAHDII LI AHSANIHAA
ILLA ANTA WASHRIF 'ANNI SAYYI`AHAA LAA YASHRIF SAYYI`AHAA ILLA ANTA.
LABBAIKA WA SA'DAIKA WAL KHAIRU KULLUHU FII YADAIKA WASS SYARRU LAISA
ILAIKA ANA BIKA WA ILAIKA TABAARAKTA WA TA'AALAITA ASTAGHFIRUKA WA
ATUUBU ILAIKA.
(Aku hadapkan muka-Ku ke hadirat Allah
yang telah menciptakan langit dan bumi dengan tunduk dan menyerahkan
diri, dan tidaklah aku termasuk golongan orang-orang Musyrik.
Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku adalah untuk Allah
Penguasa seluruh alam, tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan demikian aku
di perintah, dan aku adalah dari golongan orang-orang Islam (yang
menyerah diri). Ya Allah, Enkau adalah Rabbku dan aku dalah hamba-Mu,
aku telah berbuat aniaya terhadap diriku sendiri dan mengakui
kesalahanku, maka amnpunilah dosaku semuanya, dan tiadalah yang dapat
mengampuni dosaku itu melainkan Engkau. Tunjukilah aku kepada akhlak
yang baik, dan tak ada yang dapat menunjuki kepada akhlak yang terbaik
melainkan Engkau. Dan jauhkanlah aku dari akhlak yang tercela, karena
tidak ada yang dapat menjauhkanku dari akhlak yang tercela melainkan
Engkau, Ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu, aku patuhi perintah-Mu,
kebaikan seluruhnya berada dalam kekuasaan-Mu, sedangkan kejahatan tidak
dapat di pakai untuk mendekatkan diri kepada-Mu. Aku ini hanya dapat
hidup dengan-Mu dan akan kembali kepada-Mu, Maha Berkah Engakau dan Maha
Tinggi, aku meohon ampunan dan bertaubat kepada-Mu)."
Apabila ruku', beliau membaca;
"ALLAHUMMA LAKA RAKA'TU WABIKA AAMANTU WALAKA ASLAMTU KHASYA'A LAKA SAM'II WA BASHARII WA MUKHHII WA 'IDZAAMII WA 'ASHABII
(Ya Allah, kepada-Mu lah aku ruku',
kepada-Mu lah aku beriman, kepada-Mu lah aku tunduk, dan kepada-Mu lah
pendengaranku, penglihatanku, otakku, tulang belulangku dan urat sarafku
tunduk)."
Apabila i'tidal beliau mengucapkan;
"SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH, RABBANAA WALAKAL HAMDU MIL`US
SAMAAWAATI WAL ARDLI WA MIL`U MAA BAINAHUMAA WAMIL`U MAA SYI`TA MIN
SYAI`IN BA'DU
(Maha Mendengar Allah terhadap siapa
saja yang memuji-Nya, Wahai Rabb kami, hanya bagi Engkau jua segala
pujian, sepenuh langit, bumi, dan sepenuh isi langit dan bumi dan
sepenuh apa yang Engkau kehendaki setelah itu)."
Apabila sujud, beliau mengucapkan;
"ALLAHUMMA LAKA SAJADTU WA BIKA AAMANTU WALAKA ASLAMTU,
SAJADA WAJHIYA LILLADZII KHALAQAHU WA SHAWWARAHU FA AHSANA SHUURATAHU WA
SYAQQA SAM'AHU WA BASHARAHU WA TABAARAKALLAHU AHSANUL KHAALIQIN
(Ya Allah, kepada-Mu lah aku bersujud,
kepada-Mu lah aku beriman, kepada-Mu lah aku tunduk, wajahku bersujud
kepada Dzat yang telah menciptakannya dan membentuknya dengan
sebaik-baik bentuk, membuat pendengaran dan penglihatannya, dan Maha
Barakah Allah, sebaik-baik pencipta)."
Apabila selesai salam, beliau mengucapkan;
"ALLAHUMMAGHFIRLII MAA QADDAMTU WA MAA AKHHARTU WAMAA ASRARTU
WAMAA A'LANTU WAMAA ASRAFTU WAMAA ANTA A'LAMU BIHI MINNI ANTAL MUQADDIM
WAL MU`AKHHIR LAA ILAAHA ILLA ANTA
(Ya Allah, ampunilah
daku, dan dosa-dosa yang telah lalu, dosa yang akan datang, dosa yang
samar dan dosa yang jelas, serta dosa yang hanya Engkau saja yang
mengetahuinya, Engkau lah yang mendahulukan dan mengundurkan, tiada ilah
selain Engkau)."
"Ketika telah selesai, beliau mengucapkan:
"ALLAHUMMAGHFIRLII MAA QADDAMTU WA MAA AKHHARTU WAMAA ASRARTU WAMAA A'LANTU ANTA ILAAHI LAAILAAHA ILLA ANTA
(Ya Allah, ampunilah daku, dan
dosa-dosa yang telah lalu, dosa yang akan datang, dosa yang samar dan
dosa yang jelas, serta dosa yang hanya Engkau saja yang mengetahuinya,
Engkau lah yang mendahulukan dan mengundurkan, tiada ilah selain
Engkau)."
CUKUPLAH SEDIKIT URAIAN HADIS YANG SAYA SAMPAIKAN DIATAS,
SEBAGAI BUKTI TAULADAN UTAMA DARI RASULULLAH MUHAMMAD SAW, BAGI MANUSIA
YANG MASIH MAU MENGGUNAKAN AKALNYA UNTUK BERFIKIR...
DIBAWAH INI, SEBAGAI PERBANDINGAN, AGAR SEMAKIN JELAS KEUNGGULAN TAULADAN RASULULLAH MUHAMMAD SAW
PAULUS MENGAJARKAN BERBOHONG
1 Korintus 9
(20) Demikianlah bagi orang Yahudi aku
menjadi seperti orang Yahudi, supaya aku memenangkan orang-orang Yahudi.
Bagi orang-orang yang hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti
orang yang hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku sendiri tidak
hidup di bawah hukum Taurat, supaya aku dapat memenangkan mereka yang
hidup di bawah hukum Taurat.
(21) Bagi orang-orang yang tidak hidup
di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang tidak hidup di
bawah hukum Taurat, sekalipun aku tidak hidup di luar hukum Allah,
karena aku hidup di bawah hukum Kristus, supaya aku dapat memenangkan
mereka yang tidak hidup di bawah hukum Taurat.
PAULUS MENGAJARKAN BERDUSTA
Roma 3
(7) Tetapi jika kebenaran Allah oleh
dustaku semakin melimpah bagi kemuliaan-Nya, mengapa aku masih dihakimi
lagi sebagai orang berdosa?
PAULUS MENGHINAKAN YESUS
Efesus 5
(2) dan hiduplah di dalam kasih,
sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah
menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang
harum bagi Allah.
Galatia 3
(13) Kristus telah menebus kita dari
kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada
tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"
MUDAH-MUDAHAN ADA YANG LALU MENDAPAT RAHMAT DAN HIDAYAH ALLAH, KARENA URAIAN YANG SAYA BUAT DIATAS...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar