Selasa, 05 November 2013

KRISTEN MENANYAKAN, "TENTANG APA SAJA YANG TELAH DIHALALKAN OLEH NABI ISA AS, SEBAGAIMANA DISEBUTKAN DI DALAM QURAN 3:50 ?"


KRISTEN MENANYAKAN, "TENTANG APA SAJA YANG TELAH DIHALALKAN OLEH NABI ISA AS, SEBAGAIMANA DISEBUTKAN DI DALAM QURAN 3:50 ?"

-

MENGHALALKAN SEBAGIAN dari YANG DAHULU DI HARAMKAN ATAS UMAT YANG TELAH LALU ADALAH MENJADI HAK ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA KUASA


Misalnya ketika Allah mengutus Nabi Isa as dan menghalalkan sebagian yang telah diharamkan kepada bangsa Isarel sebelumnya. Secara terperincinya tentu Nabi Isa as lebih mengetahui apa-apa saja yang telah dihalalkan tersebut. Tetapi kenyatannya bangsanya telah menolak kenabiannya, hanya sedikit pengikutnya yang tetap beriman kepadanya.

Sementara banyak manusia, diluar bangsa Israel yang lalu disesatkan oleh seseorang yang mengaku Rasulutusan tuhan bahkan mengabaikan pengajaran Nabi Isa as, tetapi malah tersesat menyembahnya.

Sehingga hal-hal yang lebih rinci tentang apa-apa yang telah dihalalkan oleh Allah swt, melalui diutusnya Nabi Isa as tidak dapat diketahui lagi oleh umat manusia yang datang sesudahnya

-

SEMUA MAKANAN SESUNGGUHNYA HALAL BAGI BANGSA ISRAIL, TETAPI YAKUB TELAH MENGHARAMKAN BEBERAPA JENIS MAKANAN ATAS DIRINYA SENDIRI

Di dalam hadis nabi diterangkan mengapa Nabi Yakub as mengharamkan banyak jenis makanan atas dirinya sendiri, hal itu dilakukannya untuk mendekatkan diri kepada Allah swt dan mencari keridloan Nya.

Sehingga lalu berlanjutlah jenis-jenis makanan tersebut diharamkan atas bangsa Israel.

QS 3:93

(4) ۞ كُلُّ الطَّعَامِ كَانَ حِلًّا لِّبَنِي إِسْرَائِيلَ إِلَّا مَا حَرَّمَ إِسْرَائِيلُ عَلَىٰ نَفْسِهِ مِن قَبْلِ أَن تُنَزَّلَ التَّوْرَاةُ ۗ قُلْ فَأْتُوا بِالتَّوْرَاةِ فَاتْلُوهَا إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ [٣:٩٣]
Semua makanan adalah halal bagi Bani Israil melainkan makanan yang diharamkan oleh Israil (Ya'qub) untuk dirinya sendiri sebelum Taurat diturunkan. Katakanlah: "(Jika kamu mengatakan ada makanan yang diharamkan sebelum turun Taurat), maka bawalah Taurat itu, lalu bacalah dia jika kamu orang-orang yang benar".

-

BERIKUT DAFTAR MAKANAN YANG HARAM DI DALAM ALKITAB PERJANJIAN LAMA

(tolong jangan bertanya, mengapabanyak ayat yang kosong isinya, hanya nomornya saja ? Karena saya pun juga tidak tahu !)

lmamat 11

1TUHAN memberi kepada Musa dan Harun peraturan-peraturan ini
2untuk bangsa Israel. Semua binatang yang hidup di darat yang memamah biak dan kukunya terbelah adalah halal dan boleh dimakan.
3(11:2)
4Jangan makan unta, pelanduk atau kelinci. Binatang itu haram karena walaupun memamah biak, kukunya tidak terbelah.
5(11:4)
6(11:4)
7Jangan makan babi. Binatang itu haram, karena walaupun kukunya terbelah, ia tidak memamah biak.
8Dagingnya tak boleh dimakan dan bangkainya pun tak boleh disentuh karena binatang itu haram.
9Kamu boleh makan segala macam ikan yang bersirip dan bersisik.
10Binatang yang hidup di dalam air tetapi tidak bersirip dan tidak bersisik adalah haram, jadi tak boleh dimakan, dan bangkainya tak boleh disentuh.
11(11:10)
12(11:10)
13Di antara burung-burung, yang berikut ini tak boleh dimakan karena najis: burung rajawali, burung hantu, segala jenis elang, nasar, gagak, burung unta, camar, blekok dan segala jenis bangau, undan, burung kasa dan kelelawar.
14(11:13)
15(11:13)
16(11:13)
17(11:13)
18(11:13)
19(11:13)
20Semua serangga yang bersayap adalah haram, 21kecuali yang dapat melompat.
22Jadi belalang, jangkerik dan belalang hijau boleh dimakan.
23Tetapi semua serangga lain yang bersayap dan juga merayap adalah haram.
24Seseorang menjadi najis sampai matahari terbenam kalau ia menyentuh bangkai salah seekor binatang ini: binatang yang berkuku, kecuali yang kukunya terbelah dan memamah biak, dan binatang yang berkaki empat dan ada cakarnya. Barangsiapa membawa bangkai binatang jenis itu harus mencuci pakaiannya, tetapi ia masih najis sampai matahari terbenam.
25(11:24)
26(11:24)
27(11:24)
28(11:24)
29Tikus tanah, tikus besar, tikus kecil, kadal, segala jenis katak, landak, biawak, bengkarung, siput dan bunglon adalah haram.
30(11:29)
31Barangsiapa menyentuh binatang itu atau bangkainya menjadi najis sampai matahari terbenam.
32Kalau bangkai binatang itu jatuh ke atas suatu benda, maka benda itu menjadi najis. Hal itu berlaku untuk segala macam benda dari kayu, kain, kulit, atau kain karung, dan tidak menjadi soal untuk apa benda itu dipakai. Benda itu harus direndam di dalam air, tetapi tetap najis sampai matahari terbenam.
33Apabila bangkai itu jatuh ke dalam belanga tanah, segala yang ada di dalam belanga itu menjadi najis, dan belanga itu harus dipecahkan.
34Makanan yang kena air dari belanga itu menjadi najis, dan minuman yang ada dalam belanga itu juga menjadi najis.
35Apa saja yang kejatuhan bangkai itu menjadi najis. Anglo atau tempat pembakaran dari tanah yang kena bangkai itu harus dipecahkan karena najis.
36Kecuali mata air atau sumur, segala yang lain menjadi najis kalau kena bangkai.
37Kalau bangkai itu jatuh di atas biji yang akan ditaburkan, biji itu tetap bersih.
38Tetapi kalau biji itu sedang direndam di dalam air lalu kejatuhan bangkai itu, maka biji itu menjadi najis.
39Barangsiapa menyentuh bangkai binatang yang halal menjadi najis sampai matahari terbenam.
40Orang yang membawa atau makan bangkai itu harus mencuci pakaiannya, tetapi ia tetap najis sampai matahari terbenam.
41Semua binatang yang berkeriapan di atas tanah, baik yang merayap, yang berkaki empat atau berkaki banyak, adalah haram dan tak boleh dimakan.
42(11:41)
43Jangan menajiskan dirimu dengan makan binatang jenis itu.
44Akulah TUHAN Allahmu, sebab itu jagalah agar kamu tetap suci, karena Aku suci.
45Akulah TUHAN yang membawa kamu keluar dari Mesir, supaya Aku dapat menjadi Allahmu. Hendaklah kamu suci, karena Aku suci.
46Itulah peraturan tentang binatang termasuk burung, binatang yang hidup di dalam air dan yang berkeriapan di atas tanah.
47Kamu harus dapat membedakan antara yang bersih dan yang najis, antara binatang yang boleh dimakan dan binatang yang tidak boleh dimakan.

-

LALU DIUTUSLAH NABI ISA AS, UNTUK MENGHALALKAN SEBAGIAN DARI SSEGALA SESUATU YANG DIHARAMKAN TERHADAP BANGSA ISRAEL TERSEBUT

Diataranya adalah di dalam hal makanan, demikian pula di dalam hukum syariat lainnya yang tidak dijelaskan secara detail di dalam AlQuran

QS. 3:50

وَمُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرَاةِ وَلِأُحِلَّ لَكُمْ بَعْضَ الَّذِي حُرِّمَ عَلَيْكُمْ ۚ وَجِئْتُكُمْ بِآيَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَطِيعُونِ
Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mukjizat) daripada Tuhanmu. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku.

-

DEMIKIAN JUGA NABI MUHAMMAD SAW, MENGHALALKAN SEBAGIAN DARI YANG TELAH DIHARAMKAN ATAS UMAT-UMAT SEBELUMNYA

Misalnya di dalam hal makanan yang haram, disamping tentu juga berlaku atas hukum syariat lain nya.

-

BERIKUT BEBERAPA JENIS MAKANAN YANG MASIH DIHARAMKAN DI DALAM ALQURAN

QS 2:173

إِنَّما حَرَّمَ عَلَيكُمُ المَيتَةَ وَالدَّمَ وَلَحمَ الخِنزيرِ وَما أُهِلَّ بِهِ لِغَيرِ اللَّهِ ۖ فَمَنِ اضطُرَّ غَيرَ باغٍ وَلا عادٍ فَلا إِثمَ عَلَيهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفورٌ رَحيمٌ
Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

-

MASALAH PENGHAPUSAN (PENGHALALAN) DAN PENAMBAHAN HUKUM ITU ADALAH HAK ALLAH

Sehingga adalah sungguh wajar bila Allah membuat penyempurnaan-penyempurnaan terhadap syariat agama yang diajarkan Nya melalui para Nabi Utusan Nya

QS. 13:39

يَمْحُو اللَّهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ ۖ وَعِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ
Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki), dan di sisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab (Lauh mahfuzh).

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN NYA

-

SEHINGGA, JANGANLAH KALIAN BANYAK BERTANYA, LALU MENGINGKARINYA, KAFIR

SIAPAKAH KAMU WAHAI MANUSIA, SHG BERANI MEMBANTAH ALLAH TUHAN PENCIPTA LANGIT DAN BUMI

Roma 9

(20) Siapakah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah? Dapatkah yang dibentuk berkata kepada yang membentuknya: "Mengapakah engkau membentuk aku demikian?"

Ayub 25

(6) Lebih-lebih lagi manusia, yang adalah berenga, anak manusia, yang adalah ulat!”

——

TETAPI YANG KEBABLASAN ADALAH, PAULUS, YANG LALU MENGHALALKAN SEGALA JENIS MAKANAN

1 Timotius 4 TB

4* Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur,

5* sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa.

Roma 14 TB

20* Janganlah engkau merusakkan pekerjaan Allah oleh karena makanan! Segala sesuatu adalah suci, tetapi celakalah orang, jika oleh makanannya orang lain tersandung!

-

KATA PAULUS ORANG YANG MAKAN SAYUR-SAYURAN HANYALAH ORANG YANG LEMAH IMANNYA

(Sebagaimana kalian, kristen Advent, yang banyak mengharamkan makanan, bahkan secara berlebihan)

Roma 14 TB

2* Yang seorang yakin, bahwa ia boleh makan segala jenis makanan, tetapi orang yang lemah imannya hanya makan sayur-sayuran saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar