Kamis, 12 Desember 2013

KRISTEN BERTANYA, MENGAPA ORANG YANG DISERUPAKAN NABI ISA AS TIDAK DISEBUTKAN DI DALAM ALQURAN ?

KRISTEN BERTANYA, MENGAPA ORANG YANG DISERUPAKAN NABI ISA AS TIDAK DISEBUTKAN DI DALAM ALQURAN ? 

=====

Memang Allah tidak menyebutkan siapa yang telah diserupakan Nabi Isa as di dalam AlQuran. Tetapi sesungguhnya penekanan yang dikisahkan oleh Allah di dalam AlQuran , dan yang terpenting bukanlah siapa yang diserupakan, melainkan Nabi Isa as telah diselamatkan.

Siapapun orang yang diserupakan, hal tersebut tidak penting lagi. Tetapi bila masih saja ada yang belum puas, lalu mengapa Allah tidak menjelaskan dan menyebutkan sekalian agar beres. Disitulah letak ujiannya. Allah hendak menguji siapa-siapa yang cenderung beriman dan siapa-siapa yang ragu-ragu.

Misal yang lain adalah ;

Mengapa di dalam AlQuran tidak disebutkan secara langsung Nama Ismail as yang dikurbankan ?

Mengapa Nabi Isa as dilahirkan tanpa bapak ?

Mengapa Nabi Muhammad saw tidak diberikan mukjizat yg spektakuler sebagaimana Nabi Isa as, ataupun Nabi Sulaiman as ?

Dsb….dsb....Seandainya saja Allah berkehendak untuk menerangkan, maka hal tersebut adalah mudah bagi Allah, tetapi disitulah rahasia ujian yang sedang diberikan oleh Allah, untuk memilih, mana-mana hambanya yang segera beriman dan berprasangka baik kepada Allah, dan mana-mana yang cenderung sesat.

QS 4:157-158

وَقَوْلِهِمْ إِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيحَ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُولَ اللَّهِ وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَٰكِن شُبِّهَ لَهُمْ ۚ وَإِنَّ الَّذِينَ اخْتَلَفُوا فِيهِ لَفِي شَكٍّ مِّنْهُ ۚ مَا لَهُم بِهِ مِنْ عِلْمٍ إِلَّا اتِّبَاعَ الظَّنِّ ۚ وَمَا قَتَلُوهُ يَقِينًا [٤:١٥٧]
dan karena ucapan mereka: "Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.
﴿١٥٧﴾

بَل رَّفَعَهُ اللَّهُ إِلَيْهِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَزِيزًا حَكِيمًا [٤:١٥٨]
Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
﴿١٥٨﴾

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN NYA…

======

JADI INTINYA SIAPAPUN DAPAT DI SERUPAKAN DENGAN NABI ISA AS, SEHINGGA LALU MENGGANTIKAN POSISINYA UNTUK DISALIBKAN

BISA JADI MURID YESUS YANG BERKHIANAT

=====

ATAU BISA JADI SEORANG PENJAHAT YANG BERNAMA JUGA YESUS (YESUS BARABAS) YANG DIPENJARA BERSAMA-SAMA DENGAN YESUS YANG SEBENARNYA

Pada saat Yesus ditangkap, ada penjahat yang bernama Yesus juga (Yerus Barabas), lalu terjadi perbincangan untuk memilih siapa diantara mereka yang akan dibebaskan. Atas dasar desakan Rabbi Yahudi, si penjahat lah yang diselamatkan, boleh jadi pada saat itulah Allah menukar kedua orang tersebut, sehingga sesungguhnya yang telah diselamatkan adalah Yesus yang sesungguhnya.


INI HASIL ANALISA SAYA SENDIRI….

Matius 27 TB

16* Dan pada waktu itu ada dalam penjara seorang yang terkenal kejahatannya yang bernama Yesus Barabas.

17 Karena mereka sudah berkumpul di sana, Pilatus berkata kepada mereka: “Siapa yang kamu kehendaki kubebaskan bagimu, Yesus Barabas atau Yesus, yang disebut Kristus?”

18* Ia memang mengetahui, bahwa mereka telah menyerahkan Yesus karena dengki.

19* Ketika Pilatus sedang duduk di kursi pengadilan, isterinya mengirim pesan kepadanya: “Jangan engkau mencampuri perkara orang benar itu, sebab karena Dia aku sangat menderita dalam mimpi tadi malam.”

20* Tetapi oleh hasutan imam-imam kepala dan tua-tua, orang banyak bertekad untuk meminta supaya Barabas dibebaskan dan Yesus dihukum mati.


MEREKA TELAH KELIRU MELEPASKAN YESUS YANG SESUNGGUHNYA DAN MENYALIBKAN SI PENJAHAT YANG KEBETULAN NAMANYA JUGA SAMA "YESUS" BARABAS….

Hal tersebut bahkan semakin tampak kebenarannya ketika lalu Yesus (barabas) berteriak memanggil Tuhan nya ketika kesakitan di atas tiang salib….

Markus 15 TB

34* Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eloi, Eloi, lama sabakhtani?”, yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

=====

TETAPI ANALISA SAYA TENTANG "YESUS BARABAS" TERSEBUT TERPAKSA SAYA LUPAKAN

KARENA DI DALAM TAFSIR IBNU KATSIR BAHKAN DITERANGKAN DENGAN JELAS DAN BERDASARKAN HADIST YANG DAPAT DIPERCAYA, SEHINGGA SAYA LEBIH CONDONG MEMPERCAYAI PENJELASAN MUFASIR IBNU KATSIR DI DALAM KITAB TAFSIRNYA

Dulunya saya bingung, ada teori yang menyatakan Judas, saya juga sempat menduga Yesus Barabas penjahat yang dipenjara bersama Yesus....Tetapi setelah membaca Tafsir Ibnu Katsir...saya lalu lebih percaya dengan kualitas penafsirannya, karena didukung dengan hadis-hadis sahih…

JADI MASALAH INI BUKAN SEKEDAR PERCAYA ATAU TIDAK, TETAPI SAYA MERASA ILMU SAYA KALAH BAIK SECARA PEMIKIRAN MAUPUN DALILNYA DENGAN APA YANG DITERANGKAN OLEH IBNU KATSIR

Sehingga saya lupakan pemikiran saya dan anggapan saya selama ini, berikut saya nukilkan, hadis yang didapatkan pada tafsir Ibnu Katsir tersebut

-----
Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dengan sanadnya dari Sa’id bin Jubair dari Ibnu ‘Abbas , beliau berkata: “Menjelang diangkat Allah ke langit, Isa keluar menuju para sahabatnya. Di rumah tersebut ada 12 orang dari para pembelanya. Beliau keluar menuju mereka dari mata air yang ada di rumah dalam keadaan kepala beliau meneteskan air. Lalu beliau berkata: ‘Sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan kekafiran terhadapku 12 kali setelah dia beriman.’ Lalu beliau berkata: ‘Siapakah di antara kalian yang mau dijadikan serupa denganku, sehingga dia yang terbunuh sebagai penggantiku, dan dia akan bersama dalam kedudukanku (di surga)?’ Maka berdirilah seorang anak muda yang umurnya paling muda di antara mereka. Lalu beliau berkata kepadanya: ‘Duduklah.’ Kemudian beliau mengulangi kembali ucapannya kepada mereka, dan pemuda tersebut berdiri kembali. Lantas beliau berkata: ‘Duduklah.’ Lalu beliau mengulangi lagi ucapannya, maka pemuda tersebut berdiri kembali dan berkata: ‘Saya.’ Maka beliau berkata: ‘Dialah engkau (yang terpilih).’ Maka diapun diserupakan oleh Allah dengan Isa . Dan Isa diangkat melalui lubang yang ada di rumah tersebut. Lantas datanglah orang-orang Yahudi mencari beliau. Mereka pun menangkap orang yang telah diserupakan dengan beliau, kemudian membunuh dan menyalibnya. Maka di antara mereka ada yang kufur terhadapnya 12 kali setelah beriman. Mereka terpecah menjadi tiga kelompok. Satu kelompok mengatakan: ‘Allah bersama kita dalam beberapa waktu, kemudian Dia naik ke langit.’ Mereka ini dari kalangan Al-Ya’qubiyyah. Satu kelompok lagi berkata: ‘Adalah anak Allah yang bersama kita dalam beberapa waktu, kemudian Allah mengangkatnya kepada-Nya.’ Mereka ini dari kalangan An-Nasthariyyah. Dan satu kelompok lagi mengatakan: ‘Yang bersama kita adalah hamba Allah dan Rasul-Nya dalam beberapa waktu, kemudian Allah mengangkatnya kepada-Nya.’ Mereka inilah kaum muslimin. Lalu dua kelompok kafir berhasil mengalahkan kelompok muslim dan membunuh mereka. Maka Islam pun tertutupi hingga Allah mengutus Rasul-Nya Muhammad n.” (Tafsir Ibnu Katsir, 2/449. Ibnu Katsir t berkata: “Sanadnya shahih sampai ke Ibnu ‘Abbas ”)
-----

HADIS TERSEBUT DAPAT DIJUMPAI PADA TAFSIR IBNU KATSIR YANG SAYA TELAH SEBUTKAN DIATAS...DITAMBAH DENGAN BANYAK DALIL LAINNYA. TKS

Tafsir mengenai QS 4:157, diterangkan panjang lebar oleh Ibnu Katsir, lengkap dengan dukungan Hadis-hadis sahih.

Bisa di lihat pada Tafsir Ibnu Katsir terbitan PT Syaamil, jilid ke 2 halaman 414-415, tentang tafsir ayat QS 4: 157.......

Juga dapat ditemukan padat Tafsir Ibnu Katsir terbitan Gema Insani Jilid ke 1 halaman 630-631.

=====

PENYELAMATAN YESUS OLEH TUHAN NYA DI DALAM ALKITAB


BAHKAN ALKITAB KRISTEN PUN MEMBENARKAN, BAHWA YESUS TELAH DISELAMATKAN, KARENA DOANYA KEPADA ALLAH DIKABULKAN.

TIGA HARI SETELAH ISUE PENYALIBAN, YESUS DATANG MENEMUI MURID-MURIDNYA DENGAN TANPA LUKA SEDIKITPUN, APALAGI LUKA TUSUKAN PAKU, SAMA SEKALI TIDAK


6 ALKITAB MEMBUKTIKAN, BAHWA DOA YESUS DIKABULKAN OLEH ALLAH, SEHINGGA YESUS TELAH DISELAMATKAN DARI UPAYA PENYALIBAN
https://www.facebook.com/groups/PenjagaKitabullah/permalink/432396953505519/?notif_t=like

=====

KESIMPULAN :


BAIK ALQURAN MAUPUN ALKITAB KRISTEN MENYATAKAN BAHWA YESUS TELAH DISELAMATKAN OLEH ALLAH, SEHINGGA TIDAK DISALIBKAN DAN TIDAK TERBUNUH.

MASALAH SIAPA YANG TELAH DISERUPAKAN, BANYAK VERSI DAN TEORI, TETAPI SAYA LEBIH PERCAYA DENGAN PENDAPAT AHLI TAFSIR TERKEMUKA IBNU KATSIR, YAITU SALAH SEORANG MURIDNYA YANG BERSEDIA BERKORBAN DAN ORANG ITUPUN BUKANLAH JUDAS.

SEKALI LAGI, HAL TERSEBUT PUN BERSESUAIAN DENGAN ALKITAB KRISTEN SENDIRI, KARENA DI DALAM ALKITAB KRISTEN DICERTIKAN BAHWA JUDAS MATI GANTUNG DIRI, DI AYAT YANG LAINNYA DICERITAKAN BAHWA JUDAS MATI TERJATUH HINGGA PERUTNYA TERBELAH.


Kisah 1 TB

18* --Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.

19* Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem, sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka sendiri “Hakal-Dama”, artinya Tanah Darah--.

Matius 27 BIS

5* Yudas melempar uang itu ke dalam Rumah Tuhan, lalu pergi dan menggantung diri.

=====

Catatan :

Mempelajari AlKitab Kristen ini semakin saja membuat pening kepala, karena ternyata Yudas pun bukan cuman seorang di dalam AlKitab kristen, ada juga yang disebut " Yudas, yang bukan Iskariot "

Satu lagi saya temukan nama-nama yang ganda di dalam AlKitab Kristen

Yohanes 14 TB

22* Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: “Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar