Sabtu, 28 Desember 2013

SETIAP RASUL ADALAH NABI, TETAPI TIDAK SETIAP NABI ADALAH RASUL

SETIAP RASUL ADALAH NABI, TETAPI TIDAK SETIAP NABI ADALAH RASUL

(catatan ini dibuat agar semakin jelas beda sebutan "Nabi" dengan "Rasul" di dalam ajaran Islam)

——


NABI ADALAH SESEORANG YANG DIPILIH OLEH ALLAH, DAN DILEBIHKAN ATAS MANUSIA LAINNYA, DENGAN BEBERAPA KELEBIHAN, BERUPA WAHYU ATAU PETUNJUK

BERIKUT BEBERAPA AYAT ALQURAN TENTANG PARA NABI

(1) Dan Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami, yaitu saudaranya, Harun menjadi seorang nabi. (Maryam: 53) 

(2) Dan Kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq seorang nabi yang termasuk orang-orang yang saleh. (As-Saaffaat: 112) 

(3) Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi, (Maryam: 30) 

(4) Ceritakanlah (Hai Muhammad) kisah Ibrahim di dalam Al Kitab (Al Quran) ini. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan lagi seorang Nabi. (Maryam: 41) 

(5) Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi. (Maryam: 56) 

(6) Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakariya, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab (katanya): "Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang puteramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang saleh". (Aali Imraan: 39) 

-----

DALAM HUBUNGANNYA DENGAN MASALAH "TUGAS PENYAMPAIAN PENGAJARAN DAN PERINGATAN KEPADA UMAT TERTENTU", SELALU DENGAN MENGGUNAKAN SEBUTAN "RASUL", TIDAK DENGAN SEBUTAN "NABI"

BERIKUT AYAT-AYAT YANG MENDUKUNG PENGERTIAN TENTANG RASUL DAN TUGAS PENYAMPAIAN YANG DIPERINTAKAN OLEH ALLAH

ALLAH LEBIH TAHU TENTANG "TUGAS KERASULAN" DARI PARA UTUSAN NYA (RASULULLAH)

QS 6 124

وَإِذَا جَاءَتْهُمْ آيَةٌ قَالُوا لَن نُّؤْمِنَ حَتَّىٰ نُؤْتَىٰ مِثْلَ مَا أُوتِيَ رُسُلُ اللَّهِ ۘ اللَّهُ أَعْلَمُ حَيْثُ يَجْعَلُ رِسَالَتَهُ ۗ سَيُصِيبُ الَّذِينَ أَجْرَمُوا صَغَارٌ عِندَ اللَّهِ وَعَذَابٌ شَدِيدٌ بِمَا كَانُوا يَمْكُرُونَ [٦:١٢٤]
Apabila datang sesuatu ayat kepada mereka, mereka berkata: "Kami tidak akan beriman sehingga diberikan kepada kami yang serupa dengan apa yang telah diberikan kepada utusan-utusan Allah". Allah lebih mengetahui di mana Dia menempatkan tugas kerasulan. Orang-orang yang berdosa, nanti akan ditimpa kehinaan di sisi Allah dan siksa yang keras disebabkan mereka selalu membuat tipu daya.
﴿١٢٤﴾ 

-----

DARI AYAT-AYAT ALQURAN BERIKUT, DIJELASKAN, BAHWA UMAT YANG MENDUSTAKAN PARA UTUSAN ALLAH, DIKATAKAN "TELAH MENDUSTAKAN RASUL-RASUL", BUKAN MENDUSTAKAN "PARA NABI"

-----
KARENA NABI YANG DIBERIKAN TUGAS PENYAMPAIAN KEPADA SUATU UMAT TERTENTU DISEBUT "RASUL"
-----

DISINI SEMAKIN JELAS PENGERTIAN YANG MENDUKUNG BAHWA NABI YANG DIUTUS MENYAMPAIKAN PERINTAH ALLAH KEPADA SUATU UMMAT DISEBUT "RASUL"

QS 26:105

كَذَّبَتْ قَوْمُ نُوحٍ الْمُرْسَلِينَ [٢٦:١٠٥]
Kaum Nuh telah mendustakan para rasul.
﴿١٠٥﴾ 

QS 26:123

كَذَّبَتْ عَادٌ الْمُرْسَلِينَ [٢٦:١٢٣]
Kaum 'Aad telah mendustakan para rasul.
﴿١٢٣﴾ 

QS 26:160

كَذَّبَتْ قَوْمُ لُوطٍ الْمُرْسَلِينَ [٢٦:١٦٠]
Kaum Luth telah mendustakan rasul-rasul,
﴿١٦٠﴾ 

QS 26:141

كَذَّبَتْ ثَمُودُ الْمُرْسَلِينَ [٢٦:١٤١]
Kaum Tsamud telah mendustakan rasul-rasul.

﴿١٤١﴾ 

QS 5:80

وَلَقَدْ كَذَّبَ أَصْحَابُ الْحِجْرِ الْمُرْسَلِينَ [١٥:٨٠]
Dan sesungguhnya penduduk-penduduk kota Al Hijr telah mendustakan rasul-rasul,
﴿٨٠﴾ 

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN NYA

-----

NABI PUN HARUS TAAT DAN TUNDUK BILA DATANG RASUL UTUSAN ALLAH

BERIKUT PERJANJIAN ALLAH KEPADA "PARA NABI", BAHWA APABILA DATANG SEORANG "RASUL" UTUSAN ALLAH, MAKA MEREKA HARUS MEMBENARKANNYA DAN LALU MEMBELANYA

QS 3:81

وَإِذْ أَخَذَ اللَّهُ مِيثَاقَ النَّبِيِّينَ لَمَا آتَيْتُكُم مِّن كِتَابٍ وَحِكْمَةٍ ثُمَّ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مُّصَدِّقٌ لِّمَا مَعَكُمْ لَتُؤْمِنُنَّ بِهِ وَلَتَنصُرُنَّهُ ۚ قَالَ أَأَقْرَرْتُمْ وَأَخَذْتُمْ عَلَىٰ ذَٰلِكُمْ إِصْرِي ۖ قَالُوا أَقْرَرْنَا ۚ قَالَ فَاشْهَدُوا وَأَنَا مَعَكُم مِّنَ الشَّاهِدِينَ [٣:٨١]
Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi: "Sungguh, apa saja yang Aku berikan kepadamu berupa kitab dan hikmah kemudian datang kepadamu seorang rasul yang membenarkan apa yang ada padamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya". Allah berfirman: "Apakah kamu mengakui dan menerima perjanjian-Ku terhadap yang demikian itu?" Mereka menjawab: "Kami mengakui". Allah berfirman: "Kalau begitu saksikanlah (hai para nabi) dan Aku menjadi saksi (pula) bersama kamu".
﴿٨١﴾ 

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN NYA

-----

NABI MUHAMMAD SAW, ADALAH "RASUL" UTUSAN ALLAH (RASULULLAH), DAN MERUPAKAN "PENUTUP PARA NABI"

QS 33:40

مَّا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِّن رِّجَالِكُمْ وَلَٰكِن رَّسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا [٣٣:٤٠]
Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
﴿٤٠﴾ 

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN NYA

=====

SEBAGAI PERBANDINGAN

-----
ALKITAB KRISTEN SANGAT RANCU TENTANG TERMINOLOGI NABI DAN RASUL
-----

DI DALAM ALKITAB, TUHAN MENGIJINKAN ROH-ROH JAHAD MENYESATKAN PARA NABI

1 Raja-raja 22

21 Akhirnya tampillah suatu roh. Ia mendekati TUHAN dan berkata, ‘Akulah yang akan membujuk dia.’

1 Raja-raja 22

22* ‘Bagaimana caranya?’ tanya TUHAN. Roh itu menjawab, ‘Aku akan pergi dan membuat semua nabi Ahab membohong.’ TUHAN berkata, ‘Baik, lakukanlah itu, engkau akan berhasil membujuk dia.’”

-----

DI DALAM ALKITAB DICERITAKAN BAHWA TUHAN TELAH MENIPU PARA NABI ?

1 Raja-raja 22

(23) Karena itu, sesungguhnya TUHAN telah menaruh roh dusta ke dalam mulut semua nabimu ini, sebab TUHAN telah menetapkan untuk menimpakan malapetaka kepadamu."

-----

YESUS YANG DIANGGAP TUHAN PUN JUGA IKUTAN MENJADI SEORANG NABI

Lukas 24

(19) Kata-Nya kepada mereka: "Apakah itu?" Jawab mereka: "Apa yang terjadi dengan Yesus orang Nazaret. Dia adalah seorang nabi, yang berkuasa dalam pekerjaan dan perkataan di hadapan Allah dan di depan seluruh bangsa kami.

-----

YANG ANEH ADALAH, TIDAK TERDAPAT SEBUTAN "RASUL" DI DALAM PERJANJIAN LAMA, BAIK VERSI TERJEMAHAN BARU MAUPUN VERSI BAHASA INDONESIA SEHARI-HARI 
(WALAUPUN CUMAN 1 KATA, TIDAK ADA !)

SEBUTAN RASUL BARU BANYAK TERDAPAT DI PERJANJIAN BARU

-----

DAN RASUL YANG PALING TOP DI DALAM PERJANJIAN BARU ADALAH PAULUS, KARENA HANYA DIA YANG SELALU DISANGKA "DEWA" DAN MENGATAKAN BAHWA KELAK DIA AKAN MENGADILI PARA MALAIKAT

Kisah 14 TB

8* ¶ Di Listra ada seorang yang duduk saja, karena lemah kakinya dan lumpuh sejak ia dilahirkan dan belum pernah dapat berjalan.

9* Ia duduk mendengarkan, ketika Paulus berbicara. Dan Paulus menatap dia dan melihat, bahwa ia beriman dan dapat disembuhkan.

10* Lalu kata Paulus dengan suara nyaring: “Berdirilah tegak di atas kakimu!” Dan orang itu melonjak berdiri, lalu berjalan kian ke mari.

11* Ketika orang banyak melihat apa yang telah diperbuat Paulus, mereka itu berseru dalam bahasa Likaonia: “Dewa-dewa telah turun ke tengah-tengah kita dalam rupa manusia.”

Kisah 28 TB

3* Ketika Paulus memungut seberkas ranting-ranting dan meletakkannya di atas api, keluarlah seekor ular beludak karena panasnya api itu, lalu menggigit tangannya.

4* Ketika orang-orang itu melihat ular itu terpaut pada tangan Paulus, mereka berkata seorang kepada yang lain: “Orang ini sudah pasti seorang pembunuh, sebab, meskipun ia telah luput dari laut, ia tidak dibiarkan hidup oleh Dewi Keadilan.”

5* Tetapi Paulus mengibaskan ular itu ke dalam api, dan ia sama sekali tidak menderita sesuatu.

6* Namun mereka menyangka, bahwa ia akan bengkak atau akan mati rebah seketika itu juga. Tetapi sesudah lama menanti-nanti, mereka melihat, bahwa tidak ada apa-apa yang terjadi padanya, maka sebaliknya mereka berpendapat, bahwa ia seorang dewa.

-----

PAULUS KELAK AKAN MENGADILI PARA MALAIKAT

1 Korintus 6

3* Apakah kalian tidak tahu bahwa kita akan mengadili malaikat-malaikat? Lebih-lebih lagi perkara-perkara kehidupan sehari-hari!

-----

TERNYATA YANG MELANTIK PAULUS MENJADI RASUL ADALAH ANANIAS, SEORANG MURID YESUS YANG BERHASIL MENYELAMATKAN DIRI SEWAKTU "TUHAN GURU" NYA DITANGKAP, DISIKSA DAN DISALIBKAN.
Sementara Ananias sendiripun bukanlah seorang Rasul ataupun Nabi ?

Sewaktu Yesus ditangkap dan disalibkan tersebut, Ananias termasuk yang melarikan diri ataukah membela Yesus mati-matian ? Tampaknya, termasuk yang melarikan diri meninggalkan Tuhan nya, makanya bisa selamat, walaupun tidak perlu berpura-pura tidak kenal dengan Yesus, sebagaimana yang telah dilakukan oleh Petrus…..murid "tuhan" yang lainnya lagi

Kisah 9 TB

10* ¶ Di Damsyik ada seorang murid Tuhan bernama Ananias. Firman Tuhan kepadanya dalam suatu penglihatan: “Ananias!” Jawabnya: “Ini aku, Tuhan!”

11* Firman Tuhan: “Mari, pergilah ke jalan yang bernama Jalan Lurus, dan carilah di rumah Yudas seorang dari Tarsus yang bernama Saulus. Ia sekarang berdoa,

12* dan dalam suatu penglihatan ia melihat, bahwa seorang yang bernama Ananias masuk ke dalam dan menumpangkan tangannya ke atasnya, supaya ia dapat melihat lagi.”

13* Jawab Ananias: “Tuhan, dari banyak orang telah kudengar tentang orang itu, betapa banyaknya kejahatan yang dilakukannya terhadap orang-orang kudus-Mu di Yerusalem.

14* Dan ia datang ke mari dengan kuasa penuh dari imam-imam kepala untuk menangkap semua orang yang memanggil nama-Mu.”

15* Tetapi firman Tuhan kepadanya: “Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel.

16* Aku sendiri akan menunjukkan kepadanya, betapa banyak penderitaan yang harus ia tanggung oleh karena nama-Ku.”

17* Lalu pergilah Ananias ke situ dan masuk ke rumah itu. Ia menumpangkan tangannya ke atas Saulus, katanya: “Saulus, saudaraku, Tuhan Yesus, yang telah menampakkan diri kepadamu di jalan yang engkau lalui, telah menyuruh aku kepadamu, supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar