Sabtu, 19 Oktober 2013

CIRI-CIRI AHLI-KITAB YANG BAKAL MENDAPAT HIDAYAH


CIRI-CIRI AHLI-KITAB YANG BAKAL MENDAPAT HIDAYAH

Walaupun masih di dalam kekafiran, tetapi telah memiliki sifat-sifat yang baik, sbb

1 Memiliki sifat yang jujur
2 Pemberani dan tidak Licik
3 Tidak bersifat Pengecut


(saya menyimpulkan seperti tersebut diatas bukan asal ngawur, tetapi melihat sejarah Sahabat Rasulullah Umar bin Khatab, dan juga kawan-kawan muallaf yang saya kenal)

SEANDAINYA AHLI-KITAB BERIMAN DAN BERTAKWA KEPADA ALLAH

QS 5:65-66
وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْكِتَابِ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَكَفَّرْنَا عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ وَلَأَدْخَلْنَاهُمْ جَنَّاتِ النَّعِيمِ [٥:٦٥]

Dan sekiranya Ahli Kitab beriman dan bertakwa, tentulah Kami tutup (hapus) kesalahan-kesalahan mereka dan tentulah Kami masukkan mereka kedalam surga-surga yang penuh kenikmatan.

﴿٦٥﴾
وَلَوْ أَنَّهُمْ أَقَامُوا التَّوْرَاةَ وَالْإِنجِيلَ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْهِم مِّن رَّبِّهِمْ لَأَكَلُوا مِن فَوْقِهِمْ وَمِن تَحْتِ أَرْجُلِهِم ۚ مِّنْهُمْ أُمَّةٌ مُّقْتَصِدَةٌ ۖوَكَثِيرٌ مِّنْهُمْ سَاءَ مَا يَعْمَلُونَ [٥:٦٦]

Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat dan Injil dan (Al Quran) yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas dan dari bawah kaki mereka. Diantara mereka ada golongan yang pertengahan. Dan alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka.

﴿٦٦﴾
DIBAWAH INI ADALAH CIRI-CIRI AHLI KITAB YANG BERIMAN DAN BAKAL MENDAPAT HIDAYAH

QS 3:113-114
لَيْسُوا سَوَاءً ۗ مِّنْ أَهْلِ الْكِتَابِ أُمَّةٌ قَائِمَةٌ يَتْلُونَ آيَاتِ اللَّهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَهُمْ يَسْجُدُونَ [٣:١١٣]

Mereka itu tidak sama; di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (sembahyang).

﴿١١٣﴾
يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَيُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَأُولَٰئِكَ مِنَ الصَّالِحِينَ [٣:١١٤]

Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan, mereka menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar dan bersegera kepada (mengerjakan) pelbagai kebajikan; mereka itu termasuk orang-orang yang saleh.

﴿١١٤﴾

QS 5:83

وَإِذَا سَمِعُوا مَا أُنزِلَ إِلَى الرَّسُولِ تَرَىٰ أَعْيُنَهُمْ تَفِيضُ مِنَ الدَّمْعِ مِمَّا عَرَفُوا مِنَ الْحَقِّ ۖ يَقُولُونَ رَبَّنَا آمَنَّا فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ [٥:٨٣]

Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al Quran) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri); seraya berkata: "Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al Quran dan kenabian Muhammad s. a. w.).
﴿٨٣﴾

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN NYA

CATATAN :

JIKA SAYA MELIHAT KEUTAMAAN MUALLAF, SEORANG KAFIR YANG LALU MENDAPAT HIDAYAH ALLAH, MENINGGALKAN KEKAFIRANNYA LALU MEMELUK ISLAM, SEPERTI TERDAPAT PADA AYAT-AYAT DIATAS, "INGIN RASANYA SAYA DAHULU TERLAHIR KAFIR TETAPI LALU MENDAPAT HIDAYAH DARI ALLAH DAN MEMELUK AGAMA ISLAM"

Menurut pengamatan saya selama ini, ciri-ciri seseorang akan mendapat hidayah adalah bila seseorang tersebut walaupun masih Kafir memiliki beberapa sifat yang baik, 1 jujur, 2 tidak licik dan 3 tidak pengecut.

Bila seseorang tersebut tidak memiliki ketiga sifat diatas, rasanya akan sulit dia untuk mendapatkan Hidayah, (kecuali Allah berkehendak lain)


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ [١١٠:١]

Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,

﴿١﴾

وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا [١١٠:٢]

dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong,

﴿٢﴾

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ ۚ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا [١١٠:٣]

maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.

﴿٣﴾

Tidak ada komentar:

Posting Komentar