Minggu, 27 Oktober 2013

MENGENAL SOSOK YESUS MELALUI HUBUNGANNYA DENGAN YOHANES PEMBABTIS

MENGENAL SOSOK YESUS MELALUI HUBUNGANNYA DENGAN YOHANES PEMBABTIS

Banyak hal yang dapat kita pelajari untuk mengenal sosok Yesus melalui hubungannya dengan Yohanes pembabtis. Berikut ini saya nukilkan sebagian ayat-ayat yang menceritakan Hubungan antara Yesus dengan Yohanes pembabtis dan murid-muridnya. Untuk kesimpulan yang dapat diambil dari kisah Yesus dalam hubungannya dengan Yohane tersebut, silahkan pembaca menyimpulkannya sendiri. Let's start…..



YESUS DIBAPTIS OLEH YOHANES

SEANDAINYA SAJA YOHANES TAHU, BAHWA DIRINYA TELAH MEMBABTISKAN "TUHAN" ?

Matius 3 BIS

13 ¶ Pada waktu itu Yesus pergi dari Galilea ke Sungai Yordan. Di sana Ia datang pada Yohanes dan minta dibaptis.

 14* Tetapi Yohanes mencoba menolak permintaan-Nya itu. Yohanes berkata, “Sayalah yang seharusnya dibaptis oleh Bapak. Sekarang malah Bapak yang datang kepada saya.”

 15* Tetapi Yesus menjawab, “Biar saja untuk saat ini. Sebab dengan demikian kita melakukan semua yang dikehendaki Allah.” Jadi Yohanes membaptis Yesus.


MURID-MURID YOHANES BERTANYA KEPADA YESUS, "MENGAPA MURID-MURID YESUS TIDAK BERPUASA?"

KATA YESUS, MURID-MURIDNYA TIDAK BERPUASA KARENA SEDANG "PESTA KAWIN".

SAYA BARU TAHU KALAU KRISTEN TIDAK MENGAJARKAN PUASA KARENA SEDANG "PESTA KAWIN" ?.

Matius 9 BIS

14* ¶ Setelah itu pengikut-pengikut Yohanes Pembaptis datang kepada Yesus. Lalu mereka bertanya, “Mengapa kami dan orang-orang Farisi berpuasa sedangkan pengikut-pengikut Bapak tidak?”

 15* Yesus menjawab, “Bagaimanakah pendapat kalian? Bisakah tamu-tamu di pesta kawin bersedih hati kalau mempelai laki-laki masih ada bersama-sama mereka? Tentu tidak! Tetapi akan tiba saatnya mempelai laki-laki itu diambil dari mereka. Waktu itu barulah mereka berpuasa.

 16* Tidak ada orang yang menambal baju yang sudah tua dengan sepotong kain yang masih baru. Sebab kain penambal itu akan menciut dan menyobek baju itu, sehingga mengakibatkan sobekan yang lebih besar.

 17* Begitu juga tidak ada orang yang menuang anggur baru ke dalam kantong kulit yang tua. Sebab kantong itu akan pecah dan rusak, lalu anggurnya terbuang. Anggur baru harus dituang ke dalam kantong yang baru juga, supaya kedua-duanya tetap baik.”


YOHANES TIDAK TAHU BAHWA YESUS ADALAH TUHAN ATAU ANAK TUHAN, BAHKAN SEBAGAI MESIAH YANG DIJANJIKAN PUN YOHANES TIDAK TAHU. SAMPAI KEMATIANNYA PUN YOHANES TIDAK MENYADARI, BAHWA DIRINYA TELAH MEMBABTISKAN "TUHAN" YANG TELAH MENCIPTAKAN DIRINYA DAN YANG TELAH MENGUTUSNYA ?

YOHANES YANG MALANG, SEANDAINYA SAJA YOHANES TAHU BETAPA BANGGANYA DIA.

JAWABAN YESUS KEPADA MURID-MURID YOHANES PUN TIDAK JELAS, BERBELIT-BELIT DAN TERKESAN MBULET. ADA YANG TAHU ? APA SEBENARNYA JAWABAN YESUS ?

Matius 11 BIS

1* ¶ Setelah Yesus memberi petunjuk-petunjuk kepada kedua belas pengikut-Nya, Ia meninggalkan tempat itu. Ia pergi mengajar dan menyiarkan pesan dari Allah di kota-kota yang dekat di situ.

 2* Yohanes Pembaptis yang sedang di penjara mendengar tentang pekerjaan Kristus. Lalu ia menyuruh beberapa pengikutnya pergi kepada Yesus untuk menanyakan,

 3* “Bapakkah orang yang akan datang menurut janji Allah, atau haruskah kami menunggu orang lain?”

 4* Yesus menjawab, “Kembalilah kepada Yohanes dan beritahukanlah apa yang kalian dengar dan lihat:

 5* Orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang berpenyakit kulit yang mengerikan sembuh; orang tuli mendengar, orang mati hidup kembali, dan Kabar Baik dari Allah diberitakan kepada orang-orang miskin.

 6* Berbahagialah orang yang tidak ada alasan untuk menolak Aku!”


YOHANES HANYA MENDENGAR, ADA SEEKOR MERPATI YANG MENGAKU SEBAGAI "ROH TUHAN", DAN MENGATAKAN BAHWA YESUS ADALAH ANAK YANG DIKASIHI NYA, TEPAT SESAAT KETIKA YESUS SELESAI DIBAPTISKAN

Matius 3 BIS

16* Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air di sungai itu. Tiba-tiba langit terbuka dan Yesus melihat Roh Allah turun seperti burung merpati ke atas-Nya.

17* Kemudian terdengar suara Allah mengatakan, “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi. Ia menyenangkan hati-Ku.”


HERODES, PENGUASA GALILEA MENYANGKA BAHWA YESUS ADALAH JELMAAN YOHANES YANG HIDUP KEMBALI.

SEGALA MUKJIZAT YANG DILAKUKAN OLEH YESUS HANYALAH MUNGKIN KALAU YESUS ADALAH JELMAAN YOHANES. BEGITULAH KIRA-KIRA PEMIKIRAN HERODES.

Matius 14 BIS

1* ¶ Pada masa itu Herodes, penguasa negeri Galilea, mendengar mengenai Yesus.

 2* Herodes berkata kepada pejabat-pejabatnya, “Pasti ini Yohanes Pembaptis yang sudah hidup kembali! Itu sebabnya Ia mempunyai kuasa melakukan keajaiban.”

 3* Sebab sebelum itu Herodes menyuruh menangkap Yohanes dan mengikat dia serta memasukkannya ke dalam penjara. Herodes berbuat begitu karena soal Herodias, istri saudaranya sendiri, yaitu Filipus.

 4* Sebab pernah Yohanes mengatakan begini kepada Herodes, “Tidak boleh engkau kawin dengan Herodias!”

 5* Sebenarnya Herodes ingin membunuh Yohanes, tetapi ia takut kepada orang-orang, sebab mereka menganggap Yohanes nabi.

 6* Pada waktu Herodes merayakan hari ulang tahunnya, anak perempuan Herodias menari di hadapan hadirin. Tariannya sangat menyenangkan hati Herodes,

 7 sehingga Herodes berjanji kepadanya dengan sumpah bahwa apa saja yang ia minta, akan diberikan kepadanya.

 8* Karena dihasut oleh ibunya, gadis itu berkata, “Saya minta kepala Yohanes Pembaptis diberikan kepada saya sekarang ini juga di atas baki!”

 9* Mendengar permintaan itu, Herodes menjadi sedih sekali. Tetapi karena ia sudah bersumpah di hadapan para tamunya, ia memerintahkan supaya permintaan gadis itu dipenuhi.

 10 Ia menyuruh orang pergi ke penjara untuk memancung kepala Yohanes.

 11* Kemudian kepala Yohanes itu dibawa masuk di atas baki dan diberikan kepada gadis itu. Lalu gadis itu membawanya pula kepada ibunya.


MENGAPA YESUS BAHKAN MENGHINDAR DAN TERKESAN BERUSAHA MENYELAMATKAN DIRINYA SENDIRI  KETIKA MENDENGAR BERITA TERBUNUHNYA YOHANES PEMBABTIS ?

MUNGKIN YESUS LUPA KALAU DIRINYA ADALAH JELMAAN "TUHAN" ?.

Matius 14 BIS

 12* Setelah itu pengikut-pengikut Yohanes datang mengambil jenazah Yohanes dan menguburkannya. Lalu mereka pergi dan memberitahukan hal itu kepada Yesus.

 13* ¶ Waktu Yesus mendengar berita itu, Ia naik perahu sendirian dan meninggalkan tempat itu, untuk pergi ke suatu tempat yang sunyi. Tetapi ketika orang-orang mendengar tentang hal itu, mereka meninggalkan kota-kota mereka dan pergi menyusul Yesus melalui jalan darat.


Catatan :

Untuk kesimpulan yang dapat diambil dari kisah Yesus dalam hubungannya dengan Yohanes tersebut, silahkan pembaca menyimpulkannya sendiri.

BAHKAN YOHANES DAN MURID-MURIDNYA PUN TIDAK PERNAH MENGANGGAP YESUS SEBAGAI TUHAN ? 

MURID-MURID YOHANES TETAP MENJADI MURID YOHANES DAN TIDAK LALU BERGABUNG DENGAN MURID-MURID YESUS. 

BAHKAN MURID YOHANES HERAN MENGAPA MURID YESUS TIDAK BERPUASA DAN TIDAK MAU SEMBAHYANG ? 

JIKa memang Yesus adalah Tuhan pastilah Yohanes dan murid-muridnya akan lalu bergabung menjadi murid Yesus, kenyataannya tidak......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar