Rabu, 16 Oktober 2013

KRISTEN BERTANYA TENTANG WAKTU-WAKTU SHALAT DI DALAM ALQURAN

KRISTEN BERTANYA TENTANG WAKTU-WAKTU SHALAT DI DALAM ALQURAN

KATA SIAPA PERINTAH SHALAT DI DALAM ALQURAN HANYA 5 KALI SEHARI ?

DI DALAM ISLAM TERDAPAT SHALAT YANG WAJIB DAN SHALAT YANG SUNNAH.

SHALAT 5 KALI SEHARI HANYALAH MINIMAL SHALAT YANG HARUS DIKERJAKAN OLEH UMAT ISLAM. TETAPI DI DALAM ALQURAN DIPERINTAHKAN SHALAT-SHALAT LAIN YANG SANGAT PENTING SEBAGAI IBADAH TAMBAHAN MISALNYA SHALAT TAHAJUD, JUGA SHALAT JUMAH YANG WAJIB SETIAP HARI JUMAH.



SEMUA MAKHLUK BERTASBIH DAN BERSEMBAHYANG MENYEMBAH KEPADA ALLAH, MEREKA MENGERTI CARA SEMBAHYANG NYA MASING-MASING, HANYA ORANG KAFIR YANG TIDAK TAHU CARA SEMBAHYANG, ATAU MENGARANG DENGAN AKALNYA DAN NAFSUNYA SENDIRI

QS 24:41-42

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُسَبِّحُ لَهُ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالطَّيْرُ صَافَّاتٍ ۖ كُلٌّ قَدْ عَلِمَ صَلَاتَهُ وَتَسْبِيحَهُ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِمَا يَفْعَلُونَ [٢٤:٤١]
Tidaklah kamu tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) sembahyang dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.
﴿٤١﴾

وَلِلَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ وَإِلَى اللَّهِ الْمَصِيرُ [٢٤:٤٢]
Dan kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan kepada Allah-lah kembali (semua makhluk).
﴿٤٢﴾


SHALAT DHUHUR S/D ISYAK DAN SHALAT SUBUH

QS 17:78

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا [١٧:٧٨]
Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir (dhuhur) sampai gelap malam (isyak) dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).
﴿٧٨﴾


SHALAT SUBUH s/d ASHAR DAN SHALAT MAGHRIB

QS 11:114

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِّنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ [١١:١١٤]
Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) (subuh s/d ashar) dan pada bahagian permulaan daripada malam (maghrib). Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.
﴿١١٤﴾


SHALAT JUMAT

QS 62:9

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ [٦٢:٩]
Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
﴿٩﴾


SHALAT TAHAJUD SEBAGAI IBADAH TAMBAHAN

QS 17:79

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا [١٧:٧٩]
Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.
﴿٧٩﴾

QS 73:2

قُمِ اللَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا [٧٣:٢]
bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya),
﴿٢﴾

QS 73:20

 إِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُومُ أَدْنَىٰ مِن ثُلُثَيِ اللَّيْلِ وَنِصْفَهُ وَثُلُثَهُ وَطَائِفَةٌ مِّنَ الَّذِينَ مَعَكَ ۚ وَاللَّهُ يُقَدِّرُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ ۚ عَلِمَ أَن لَّن تُحْصُوهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ ۚ عَلِمَ أَن سَيَكُونُ مِنكُم مَّرْضَىٰ ۙ وَآخَرُونَ يَضْرِبُونَ فِي الْأَرْضِ يَبْتَغُونَ مِن فَضْلِ اللَّهِ ۙ وَآخَرُونَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ ۚ وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَقْرِضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنفُسِكُم مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِندَ اللَّهِ هُوَ خَيْرًا وَأَعْظَمَ أَجْرًا ۚ وَاسْتَغْفِرُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ [٧٣:٢٠]
Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
﴿٢٠﴾


ALLAH JUGA MEMBERI KELONGGARAN UNTUK MENUNDA DAN MEMPERSINGKAT SHOLAT BILA KONDISI DALAM BAHAYA ATAU DI DALAM KESEMPITAN, MAHA BIJAKSANA ALLAH YANG TELAH MEMBERI KELONGGARAN SEPERTI ITU.

QS 4:101

وَإِذَا ضَرَبْتُمْ فِي الْأَرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَن تَقْصُرُوا مِنَ الصَّلَاةِ إِنْ خِفْتُمْ أَن يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا ۚ إِنَّ الْكَافِرِينَ كَانُوا لَكُمْ عَدُوًّا مُّبِينًا [٤:١٠١]
Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu men-qashar sembahyang(mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu.
﴿١٠١﴾


ORANG KAFIR BERTANYA TENTANG SHALAT HANYALAH SEBAGAI EJEKAN, DAN MEREKA AKAN TETAP KAFIR

QS 5:58

وَإِذَا نَادَيْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ اتَّخَذُوهَا هُزُوًا وَلَعِبًا ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَوْمٌ لَّا يَعْقِلُونَ [٥:٥٨]
Dan apabila kamu menyeru (mereka) untuk (mengerjakan) sembahyang, mereka menjadikannya buah ejekan dan permainan. Yang demikian itu adalah karena mereka benar-benar kaum yang tidak mau mempergunakan akal.
﴿٥٨﴾



SEKARANG GILIRAN SAYA BERTANYA :

ADAKAH DI DALAM ALKITAB DITERANGKAN WAKTU-WAKTU YANG BEGITU TERPERINCI SEPERTI DI DALAM ALQURAN ?

ADAKAH DI DALAM DITERANGKAN TATA CARA BERIBADA KEPADA TUHAN YANG BEGITU TERPERINCI SEPERTI DI DALAM ALQURAN ?

SIAPAKAH YANG MENGAJARKAN MENGGUNAKAN TANGAN MENYENTUH DAHI DAN BAHU, MEMBUAT TANDA SALIB PADA WAKTU KRISTEN BERDOA ? SIAPA YANG MENGAJARKANNYA ?

LALU ADAKAH PERINTAH BERIBADAH KHUSUS PADA HARI MINGGU ? SEBAGAIMANA KAMI DIWAJIBKAN PULA SHALAT BERJAMAAH SETIAP HARI JUMAH ?

Kristen hanya bertanya, tetapi tidak cukup memiliki harga diri untuk berusaha menjawabnya.
Buktikan bahwa pernyataan saya tidak benar !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar