Sabtu, 22 Februari 2014

TUJUAN PENCIPTAAN MANUSIA, ALLAH SWT HENDAK MEMBERIKAN UJIAN KEPADA MEREKA


TUJUAN PENCIPTAAN MANUSIA, ALLAH SWT HENDAK MEMBERIKAN UJIAN KEPADA MEREKA


-

Ayat-ayat AlQuran berikut juga sangat penting untuk diingat, tentang tujuan Allah SWT telah menciptakan manusia. Allah SWT akan mengujinya, untuk itu Allah SWT telah melengkapi manusia dengan segenap panca indera, dan juga petunjuk jalan yang lurus.

Saya anjurkan sudara-suadara muslim mengingat dan mengahafalkan ayat-ayat ini, sehingga mampu memberikan penjelasan bila ada yang lalu menanyakan tentang tujuan pencipataan manusia menurut Islam. Disamping agar tetap waspada akan ujian dan cobaan yang akan diberikan oleh Allah SWT selama di dalam kehidupan di dunia ini.

Dan agar kita selalu berdoa meminta perlindungan Allah SWT, agar dihindarkan dari cobaan yang tidak akan mampu kita pikulkan, dan selalu dimudahkan di dalam segala urusan.

-

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

In the name of Allah, Most Gracious, Most Merciful.
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

QS 76:2-3

إِنَّا خَلَقْنَا الْإِنسَانَ مِن نُّطْفَةٍ أَمْشَاجٍ نَّبْتَلِيهِ فَجَعَلْنَاهُ سَمِيعًا بَصِيرًا [٧٦:٢]

[yusufali] Verily We created Man from a drop of mingled sperm, in order to try him: So We gave him (the gifts), of Hearing and Sight.

[id.indonesian] Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.
﴿٢﴾

إِنَّا هَدَيْنَاهُ السَّبِيلَ إِمَّا شَاكِرًا وَإِمَّا كَفُورًا [٧٦:٣]

[yusufali] We showed him the Way: whether he be grateful or ungrateful (rests on his will).

[id.indonesian] Sesungguhnya Kami telah menunjukinya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kafir.
﴿٣﴾

Righteous God with all his word
Maha benar Allah dengan segala Firman Nya

——

SEBAGAI PERBANDINGAN

PENULIS ALKITAB MENULISKAN HAL-HAL YANG TIDAK MASUK AKAN DENGAN PERENCANAAN TUHAN YANG KURANG MATANG TERHADAP TINGKAH POLA MANUSIA YANG TELAH DICIPTAKANNYA

YANG MALAH MEMBUAT TUHAN SERINGKALI MENYESAL AKAN SIKAP DAN TINDAKAN-NYA

MAHA SUCI ALLAH DARI SIFAT-SIFAT YANG DEMIKIAN.

Kejadian 6 TB

7 Berfirmanlah TUHAN: “Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka.

1Samuel 15 TB

10 ¶ Lalu datanglah firman TUHAN kepada Samuel, demikian:

11* “Aku menyesal, karena Aku telah menjadikan Saul raja, sebab ia telah berbalik dari pada Aku dan tidak melaksanakan firman-Ku.” Maka sakit hatilah Samuel dan ia berseru-seru kepada TUHAN semalam-malaman.

1Samuel 15 TB

35* Sampai hari matinya Samuel tidak melihat Saul lagi, tetapi Samuel berdukacita karena Saul. Dan TUHAN menyesal, karena Ia menjadikan Saul raja atas Israel.

Yeremia 42 TB

9 Berkatalah ia kepada mereka: “Beginilah firman TUHAN, Allah Israel yang kepada-Nya kamu telah mengutus aku untuk menyampaikan permohonanmu ke hadapan-Nya:

10* Jika kamu tinggal tetap di negeri ini, maka Aku akan membangun dan tidak akan meruntuhkan kamu, akan membuat kamu tumbuh dan tidak akan mencabut kamu; sebab Aku menyesal telah mendatangkan malapetaka kepadamu.

-

TUHAN BAHKAN TERKADANG BERSUMPAH TIDAK AKAN MENYESAL

Mazmur 110 TB

4* TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: “Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek.”

-

PESAN YEREMIA AGAR UMATNYA MEMPERBAIKI DIRI, SEHINGGA TUHAN AKAN MENYESAL TELAH MEMBERIKAN ANCAMAN KEPADA MEREKA

Yeremia 26 TB

13* Oleh sebab itu, perbaikilah tingkah langkahmu dan perbuatanmu, dan dengarkanlah suara TUHAN, Allahmu, sehingga TUHAN menyesal akan malapetaka yang diancamkan-Nya atas kamu.

Yeremia 26 TB

19 Apakah Hizkia, raja Yehuda, beserta segenap Yehuda membunuh dia? Tidakkah ia takut akan TUHAN, sehingga ia memohon belas kasihan TUHAN, agar TUHAN menyesal akan malapetaka yang diancamkan-Nya atas mereka? Dan kita, maukah kita mendatangkan malapetaka yang begitu besar atas diri kita sendiri?”

-

PADA AYAT LAINNYA, BAHKAN DENGAN TEGAS TUHAN BERFIRMAN, BAHWA TUHAN TIDAK AKAN MERASA SAYANG, TIDAK AKAN MERASA MENYESAL DAN AKAN MENGHAKIMI MENURUT PERBUATAN MANUSIA TERSEBUT

Yehezkiel 24 TB

14 Aku, TUHAN, yang mengatakannya. Hal itu akan datang, dan Aku yang akan membuatnya. Aku tidak melalaikannya dan tidak merasa sayang, juga tidak menyesal. Aku akan menghakimi engkau menurut perbuatanmu, demikianlah firman Tuhan ALLAH.”

------

Catatan

Sengaja saya nukilkan sebagian saja dari ayat-ayat AlKitab yang serupa itu, agar saudara-saudara memikirkan kembali akan kebenaran AlQuran yang diturunkan sebagai BATU UJIAN akan kebenaran Kitab-kitab yang diturunkan sebelumny tersebut.

Banyaknya ayat-ayat yang bertolak belakang, bahkan merendahkan sifat-sifat Tuhan di dalam AlKitab, merupakan bukti akan kebenaran AlQuran tersebut.

QS 5:48

وَأَنزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ ۖ فَاحْكُم بَيْنَهُم بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الْحَقِّ ۚ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَٰكِن لِّيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ إِلَى اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ [٥:٤٨]

To thee We sent the Scripture in truth, confirming the scripture that came before it, and guarding it in safety: so judge between them by what Allah hath revealed, and follow not their vain desires, diverging from the Truth that hath come to thee. To each among you have we prescribed a law and an open way. If Allah had so willed, He would have made you a single people, but (His plan is) to test you in what He hath given you: so strive as in a race in all virtues. The goal of you all is to Allah; it is He that will show you the truth of the matters in which ye dispute;

Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,

Righteous God with all his word
Maha benar Allah dengan segala Firman Nya

——
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar