Rabu, 25 September 2013

KRISTEN BERTANYA MASALAH DAGING BABI MENGAPA DIHARAMKAN

KRISTEN BERTANYA MASALAH DAGING BABI MENGAPA DIHARAMKAN
 
BETAPA MAHA PENGASIHNYA ALLAH, WALAUPUN SESUATU ITU DI HARAMKAN ATAU DILARANG, TETAPI DI DALAM KONDISI TERPAKSA DI PERBOLEHKAN ATAU DI HALALKAN.

HANYA ORANG YANG OTAKNYA TIDAK WARAS YANG TIDAK DAPAT MENGERTI KERINGANAN TUHAN YANG MAHA PENGASIH TERSEBUT.

ATAU ORANG YANG JIWANYA SAKIT, SEPERTI MELIHAT MATAHARI TERBIT BAGAIKAN MATAHARI TERBENAM.

QS 16:115

إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ ۖ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ[١٦:١١٥]
Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi dan apa yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah; tetapi barangsiapa yang terpaksa memakannya dengan tidak menganiaya dan tidak pula melampaui batas, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
﴿١١٥﴾


TUHAN YANG MAHA PENGASIH, TIDAK MEMBEBANI DI LUAR KEMAMPUAN MANUSIA

QS 2:286

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚأَنتَ مَوْلَانَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ [٢:٢٨٦]
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".
﴿٢٨٦﴾


SEBAGAI PERBANDINGAN, KITA LIHAT AYAT-AYAT TENTANG HARAM MEMAKAN BABI DI DALAM ALKITAB, YANG PADA AKHIRNYA MALAH DI HALALKAN OLEH PAULUS.

Le 11:7* Jangan makan babi. Binatang itu haram, karena walaupun kukunya terbelah, ia tidak memamah biak.

De 14:8 Jangan makan babi. Binatang itu haram, karena walaupun kukunya terbelah, ia tidak memamah biak. Dagingnya tak boleh dimakan, bangkainya tak boleh disentuh.

Isa 65:4* Waktu malam mereka pergi ke gua-gua dan kuburan untuk minta nasihat arwah-arwah. Mereka makan daging babi dan minum kuah daging yang haram.

Isa 66:17* TUHAN berkata, “Semua orang yang menyucikan diri untuk berarak ke kebun-kebun untuk dewa-dewa dan beribadah kepada mereka, akan lenyap bersama orang-orang yang makan daging babi dan tikus serta makanan lain yang menjijikkan.


SELANJUTNYA KITA LIHAT PERKATAAN PAULUS, BAHWA MAKANAN HALAL SEMUA, BILA ORANG RIBUT TENTANG MAKANAN AKAN TERSANDUNG, DAN LEMAH IMANNYA.

Roma 14

(2) Yang seorang yakin, bahwa ia boleh makan segala jenis makanan, tetapi orang yang lemah imannya hanya makan sayur-sayuran saja.

(20) Janganlah engkau merusakkan pekerjaan Allah oleh karena makanan! Segala sesuatu adalah suci, tetapi celakalah orang, jika oleh makanannya orang lain tersandung!

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar