Sabtu, 28 September 2013

SEBUTAN "MALAIKAT TUHAN", "MALAIKAT ALLAH", "MALAIKAT" DAN "TUHAN" DI DALAM ALKITAB KRISTEN

SEBUTAN "MALAIKAT TUHAN", "MALAIKAT ALLAH", "MALAIKAT" DAN "TUHAN" DI DALAM ALKITAB KRISTEN


Jika saudara-saudara mempelajari AlKitab Kristen, maka saudara akan menemukan ratusan frasa kata "Malaikat Tuhan", juga ratusan kata "Tuhan".

Kisah-kisah diantara kedua Sebutan tersebut bahkan terkadang membingungkan.

Berikut ini akan saya coba analisa, beberapa ayat diantaranya, agar saudara-saudara semakin mengenal sebutan-sebutan tersebut di dalam AlKitab Kristen.

-----

"MALAIKAT TUHAN" BUKANLAH "TUHAN"

Tetapi sayangnya, mengapa harus digunakan sebutan "Malaikat Tuhan" ?

Mengapa tidak cukup dengan sebutan "Malaikat" saja, agar tidak membingungkan.

Memangnya apa ada Malaikat yang bukan "Malaikat Tuhan" ? misalnya apakah ada "Malaikat Iblis" ? Kan tidak ada ?

Zakharia 1 TB

12* Berbicaralah Malaikat TUHAN itu, katanya: Ya TUHAN semesta alam, berapa lama lagi Engkau tidak menyayangi Yerusalem dan kota-kota Yehuda yang telah tujuh puluh tahun lamanya Kaumurkai itu?

2 Samuel 24 TB

16* Ketika malaikat mengacungkan tangannya ke Yerusalem untuk memusnahkannya, maka menyesallah TUHAN karena malapetaka itu, lalu Ia berfirman kepada malaikat yang mendatangkan kemusnahan kepada bangsa itu: “Cukup! Turunkanlah sekarang tanganmu itu.” Pada waktu itu malaikat TUHAN itu ada dekat tempat pengirikan Arauna, orang Yebus.

-----

KARENA HAL TERSEBUT DIATASLAH LALU SEMUANYA JADI KACAU

"MALAIKAT TUHAN" PUN LALU DIPANGGIL SEBAGAI "TUHAN"

Kejadian 22 TB

11* ¶ Tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya: “Abraham, Abraham.” Sahutnya: “Ya, Tuhan.”

Kejadian 31 B

11* Dan Malaikat Allah berfirman kepadaku dalam mimpi itu: Yakub! Jawabku: Ya Tuhan!

-----

"MALAIKAT TUHAN" PUN JUGA IKUT-IKUTAN BERFIRMAN SEBAGAIMANA "TUHAN"

Bilangan 22 TB

32 Berfirmanlah Malaikat TUHAN kepadanya: “Apakah sebabnya engkau memukul keledaimu sampai tiga kali? Lihat, Aku keluar sebagai lawanmu, sebab jalan ini pada pemandangan-Ku menuju kepada kebinasaan.

33* Ketika keledai ini melihat Aku, telah tiga kali ia menyimpang dari hadapan-Ku; jika ia tidak menyimpang dari hadapan-Ku, tentulah engkau yang Kubunuh pada waktu itu juga dan dia Kubiarkan hidup.”

34* Lalu berkatalah Bileam kepada Malaikat TUHAN: “Aku telah berdosa, karena aku tidak mengetahui, bahwa Engkau ini berdiri di jalan menentang aku. Maka sekarang, jika hal itu jahat di mata-Mu, aku mau pulang.”

35 Tetapi Malaikat TUHAN berfirman kepada Bileam: “Pergilah bersama-sama dengan orang-orang itu, tetapi hanyalah perkataan yang akan Kukatakan kepadamu harus kaukatakan.” Sesudah itu pergilah Bileam bersama-sama dengan pemuka-pemuka Balak itu.

-----

"MALAIKAT TUHAN" PUN BAHKAN LALU DISEMBAH BAGAIKAN "TUHAN" ?

Hakim-hakim 13 TB

20 Sedang nyala api itu naik ke langit dari mezbah, maka naiklah Malaikat TUHAN dalam nyala api mezbah itu. Ketika Manoah dan isterinya melihat hal ini, sujudlah mereka dengan mukanya sampai ke tanah.

-----

"MALAIKAT TUHAN" JUGA BERLAKU SEBAGAIMANA MANUSIA, MEREKA JUGA MENDIRIKAN KEMAH-KEMAH

Mazmur 34 TB

7* (34-8) Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka.

-----

ALKITAB TERKADANG JUGA MENGGUNKAN KATA "MALAIKAT" SAJA, BUKAN "MALAIKAT TUHAN"

1 Tawarikh 21 TB

15* Pula Allah mengutus malaikat ke Yerusalem untuk memusnahkannya, dan ketika hendak dimusnahkannya, maka TUHAN melihatnya, lalu menyesallah Ia karena malapetaka yang hendak didatangkan-Nya itu, lalu berfirmanlah Ia kepada malaikat pemusnah itu: “Cukup! Turunkanlah sekarang tanganmu itu!” Pada waktu itu malaikat TUHAN itu sedang berdiri dekat tempat pengirikan Ornan, orang Yebus.

Kejadian 19 TB

19:1* ¶ Kedua malaikat itu tiba di Sodom pada waktu petang. Lot sedang duduk di pintu gerbang Sodom dan ketika melihat mereka, bangunlah ia menyongsong mereka, lalu sujud dengan mukanya sampai ke tanah,

2 Samuel 24 TB

17* Dan berkatalah Daud kepada TUHAN, ketika dilihatnya malaikat yang tengah memusnahkan bangsa itu, demikian: “Sesungguhnya, aku telah berdosa, dan aku telah membuat kesalahan, tetapi domba-domba ini, apakah yang dilakukan mereka? Biarlah kiranya tangan-Mu menimpa aku dan kaum keluargaku.”

-----

DI DALAM ALKITAB TERDAPAT JUGA SEBUTAN "MALAIKAT ALLAH"

Kejadian 21 TB

17 Allah mendengar suara anak itu, lalu Malaikat Allah berseru dari langit kepada Hagar, kata-Nya kepadanya: “Apakah yang engkau susahkan, Hagar? Janganlah takut, sebab Allah telah mendengar suara anak itu dari tempat ia terbaring.

Keluaran 14 TB

19* Kemudian bergeraklah Malaikat Allah, yang tadinya berjalan di depan tentara Israel, lalu berjalan di belakang mereka; dan tiang awan itu bergerak dari depan mereka, lalu berdiri di belakang mereka.

Hakim-hakim 13 TB

9* Maka Allah mendengarkan permohonan Manoah, sehingga Malaikat Allah datang pula kepada perempuan itu, ketika ia duduk di padang dan ketika Manoah, suaminya itu, tidak ada bersama-sama dengan dia.

-----

YANG MENJADI MASALAH ADALAH KETIKA ADA "MALAIKAT ALLAH" LALU MENGAKU SEBAGAI "ALLAH" ITU SENDIRI

DAN YAKUB PUN LALU MEMANGGIL NYA DENGAN SEBUTAN "TUHAN" ?

Kejadian 31 TB

11* Dan Malaikat Allah berfirman kepadaku dalam mimpi itu: Yakub! Jawabku: Ya Tuhan!

12* Lalu Ia berfirman: Angkatlah mukamu dan lihatlah, bahwa segala jantan yang menjantani kambing domba itu bercoreng-coreng, berbintik-bintik dan berbelang-belang, sebab telah Kulihat semua yang dilakukan oleh Laban itu kepadamu.

13 Akulah Allah yang di Betel itu, di mana engkau mengurapi tugu, dan di mana engkau bernazar kepada-Ku; maka sekarang, bersiaplah engkau, pergilah dari negeri ini dan pulanglah ke negeri sanak saudaramu.”

------

MENGAPA BISA TIMBUL ISTILAH YANG SANGAT BERAGAM BEGITU ? BAHKAN MEMBINGUNGKAN SESEORANG YANG MEMBACANYA ?

SARAN SAYA KEPADA "L A I", Lembaga AlKitab Indonesia, SEGERA BENAHI ISTILAH YANG RUMIT TERSEBUT, AGAR UMAT KRISTEN TIDAK BINGUNG

BAGAIMANA SEBENARNYA BAHASA ASLI NYA ALKITAB INI, SEHINGGA TERJEMAHANNYA BEGITU RUWET ?

=====

SEBAGAI PEMBANDING, "MALAIKAT" DI DALAM AL-QURAN

Banyak ayat-ayat yang menceritakan tentang Malaikat di dalam AlQuran, sama sekali tidak ada yang membingungkan.

Para Malaikat adalah juga hamba-hamba Allah, yang selalu patuh dan taat kepada Allah.

Di dalam AlQuran tidak pernah diceritakan ada manusia lalu sujud menyembah Malaikat, Di dalam AlQuran juga tidak pernah diceritakan bahwa Malaikat juga berfirman seperti "Tuhan".

Al-Quran begitu jelas menceritakan dan memposisikan tentang Malaikat dan kedudukannya

-----

BERIKUT BEBERAPA AYAT, TENTANG "MALAIKAT" DI DALAM ALQURAN

QS 7:206

إِنَّ الَّذِينَ عِندَ رَبِّكَ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَيُسَبِّحُونَهُ وَلَهُ يَسْجُدُونَ [٧:٢٠٦]
Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka mentasbihkan-Nya dan hanya kepada-Nya-lah mereka bersujud.
[۩] ﴿٢٠٦﴾

QS 50:21

وَجَاءَتْ كُلُّ نَفْسٍ مَّعَهَا سَائِقٌ وَشَهِيدٌ [٥٠:٢١]
Dan datanglah tiap-tiap diri, bersama dengan dia seorang malaikat penggiring dan seorang malaikat penyaksi.
﴿٢١﴾

QS 50:18

مَّا يَلْفِظُ مِن قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ [٥٠:١٨]
Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.
﴿١٨﴾

QS 4:172

لَّن يَسْتَنكِفَ الْمَسِيحُ أَن يَكُونَ عَبْدًا لِّلَّهِ وَلَا الْمَلَائِكَةُ الْمُقَرَّبُونَ ۚ وَمَن يَسْتَنكِفْ عَنْ عِبَادَتِهِ وَيَسْتَكْبِرْ فَسَيَحْشُرُهُمْ إِلَيْهِ جَمِيعًا [٤:١٧٢]
Al Masih sekali-kali tidak enggan menjadi hamba bagi Allah, dan tidak (pula enggan) malaikat-malaikat yang terdekat (kepada Allah). Barangsiapa yang enggan dari menyembah-Nya, dan menyombongkan diri, nanti Allah akan mengumpulkan mereka semua kepada-Nya.
﴿١٧٢﴾

QS 47:27

فَكَيْفَ إِذَا تَوَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ وَأَدْبَارَهُمْ [٤٧:٢٧]
Bagaimanakah (keadaan mereka) apabila malaikat mencabut nyawa mereka seraya memukul-mukul muka mereka dan punggung mereka?
﴿٢٧﴾

QS 41:30

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنتُمْ تُوعَدُونَ [٤١:٣٠]
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu".
﴿٣٠﴾

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN NYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar